Efikasi Diri Terhadap Belajar Siswa Pada Saat Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi di SMA Islam 1 Surakarta

Authors

  • Rima Raiqotul Affa UIN Sunan Kalijaga, Yogjakarta
  • Nurus Sa’adah Prodi BKI, UIN Sunan Kalijaga, Yogjakarta
  • Muhammad Husein Muthahhari Prodi PI, UIN Raden Mas Said, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.7631

Keywords:

Efikasi Diri, Siswa, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

gambaran efikasi diri siswa pada saat pendemi sangat pentng apalagi dalam hal pembelajaran jarak jauh, dengan adanya efikasi ini maka akan menadi bahan pertimbangan pendidik untuk meningkatkan kualitas mengajar sehingga siswa mengalami peningkatan efikasi diri yang artinya bisa menjadikan siswa lebih optimis dalam mengerjakan tugas dan menjalankan sekolah dengan senang

References

Apsari, B. S., Adi, W., & Octoria, D. (2015). PENGARUH EFIKASI DIRI, PEMANFAATAN GAYA BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Surakarta). Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), Article 1. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/5272

Evaliana, Y. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen), 1(1), 53–60.

Fadilah, R. N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh efikasi diri siswa terhadap hasil belajar ekonomi dalam pembelajaran daring. Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(3), 581–588. https://doi.org/10.22437/jpe.v16i3.12978

Haris, R., Wardani, D. K., & Nugroho, J. A. (2016). PENGARUH EFIKASI DIRI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAPPRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.20961/bise.v2i2.16958

Rochmah, L., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Di Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Deangan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Meddiasi di Masa pandemi Covid-19. Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 68–83. https://doi.org/10.33603/ejpe.v10i1.6364

Rustika, M. (2012). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. 20(1–2).

Saputra, R. M. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Sistem Daring Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 840–847. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268

Septiana, Y. (2020). Survei Efikasi Diri Mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 17(2), 83–97. https://doi.org/10.21831/jep.v17i2.35008

Suryono, S., Bastian, A., & Oemar, F. (2022). Pengaruh Kebijakan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Efikasi Diri dan Perilaku Belajar Siswa. Lectura : Jurnal Pendidikan, 13(1), 120–135. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i1.9518

Tamba, J. J., & Santi, D. E. (2021). Efikasi Diri Dengan Strea Akademik Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Psikologi UM, 1(1), 136–142.

Widianingrum, E. (2020). Pengaruh efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Wirausaha Siswa SMK di Masa Pandemi Covid-19. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.46918/point.v2i2.726

Widya, K. S., & Muwakhidah. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMP Negeri 1 Waru di Masa Pandemi Covid-19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 2(2), 68–76. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v2i2.122

Downloads

Published

2022-09-06