Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah di SMPN 8 Teluk Keramat Kabupaten Sambas
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6501Keywords:
Implementasi, Pendidikan Karakter, Budaya SekolahAbstract
Tujuan dari riset ini untuk menemukan permasalahan mengenai implementasi pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SMPN 8 Teluk Keramat. Dipilih penelitian kualitatif sebagai bentuk penelitian dan metode deskriptif sebagai metodenya. Sebagai Informan Penelitian dari warga sekolah yakni kepala sekolah, guru dan para peserta didik. Teknik dalam mengumpulkan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam budaya sekolah dilakukan melalui berbagai macam kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Kegiatan rutin berupa: jumat bersih, upacara bendera, membaca Al Quran sebelum belajar, salat dzuhur berjamaah di mushola sekolah, dan berdoa sebelum dan sesudah belajar. Bentuk kegiatan spontan: memberikan bantuan sumbangan terhadap warga sekolah yang membutuhkan, razia kerapian rambut, dan razia handphone. Kegiatan keteladanan berupa: kerapian pakaian tenaga pendidik, dan kedisiplinan tenaga pendidik. Kegiatan pengkondisian berupa: slogan-slogan, ruang kelas bersih dan rapi, lingkungan sekolah yang bersih dan hijau, toilet peseta didik yang bersih, tempat sampah yang tersedia diseluruh lingkungan sekolah, dan keran air yang tersedia disetiap kelas dan penjuru sekolah. Dari keseluruhan kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian maka akan memunculkan integritas, nasionalisme, karakter religius, jiwa gotong royong dan sikap mandiri.References
Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia. (2019, August 12). Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia. Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia.
Creswell, J. W. (2003). Research design Qualitative quantitative and mixed methods approaches. Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches. https://doi.org/10.3109/08941939.2012.723954
Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(2), 247–255.
Dodd, A. W. (1992). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. By Thomas Lickona. New York: Bantam Books, 1991. NASSP Bulletin, 76(545). https://doi.org/10.1177/019263659207654519
Erlanda, M., Sulistyarini, S., & Syamsuri, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMA Mujahidin Pontianak. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 310–318. https://doi.org/10.26618/EQUILIBRIUM.V9I3.5920
Flora, M. (2019, April 10). Kasus Pengeroyokan Audrey, dari Kronologi hingga Petisi. Liputan 6.
Freeks, F. E. (2015). The influence of role-players on the character-development and character-building of South African college students. South African Journal of Education, 35(3). https://doi.org/10.15700/saje.v35n3a1086
Indrawan, I., Suherman, & Wijoyo, H. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter by Dr (C). Irjus Indrawan, S.Pd.I., M.Pd.I., Hadion Wijoyo, S.E.,S.H.,S.Sos.,S.Pd.,M.H.,M.M.,Ak.,CA.,QWP®, Dr. Suherman, S.Kom, M.M., Dr. I Made Arsa Wiguna, SST. Par., M (z-lib.org).
Isnaini, M. (2013). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH. AL-Ta Lim, 20(3), 445. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.41
Kemendikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Kemendikbud.
Kemendiknas. (2018). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. In Jakarta:Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Mawardi, I., Dewi Shalikhah, N., & Baihaqi, A. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Islami Sekolah di MI Muhammadiyah Sidorejo Bandongan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1). https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.5673
Muhammad Nuh, dkk tim. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010. Buku Kementerian Pendidikan Nasional.
Peraturan Presiden Nomor 87. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter.
Rozak, A., & Sayuti, W. (2006). Remaja dan Bahaya Narkoba. Pranata Media Group.
Samani, M., & Haryanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Schein, E. (2017). Organizational Culture and Leadership Organizational Culture and Leadership. Wiley & Sons, Inc., Idd.
Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Syamsuri, S. (2019). Analisis Konsep Theory of Planned Behavior Terhadap Pembelajaran Wirausaha dan Pendidikan Ekonomi Keluarga Pelaku UMKM. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 101–113. https://doi.org/10.36706/jp.v6i2.9795
Wahono, M., Wahono, M., & Priyanto, A. S. (2018). Implementasi Budaya Sekolah Sebagai Wahana Pengembangan Karakter Pada Diri Siswa. Integralistik, 28(2). https://doi.org/10.15294/integralistik.v28i2.13723
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Экономика Региона.
Zulaikhah, S. (2019). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 BANDAR LAMPUNG. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id