Pengembangan Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) di SD Muhammadiyah Bendo Kulon Progo
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6458Keywords:
Curriculum, ISMUBA, Tahfidz Juz 30, TPAAbstract
Muhammadiyah Bendo Elementary School is one of Muhammadiyah's charitable efforts under the Muhammadiyah Regional Leadership of Kulon Progo Regency. In its implementation, applying the curriculum with reference to the National Curriculum and the Muhammadiyah Curriculum. The religious flagship program is part of the development of the ISMUBA curriculum, namely Tahsin Tahfidz Qur'an and Al-Qur'an Education Park (TPA). This program is fundamental to Kulon Progo Regent Regulation Number 65 of 2017 concerning Guidelines for Strengthening Character Education. The material for the Tahfidz Juz 30 program is based on the Tahfidz Al-Qur'an Syllabus in all districts of Kulon Progo. While the TPA material was developed by the Curriculum Development Team of SD Muhammadiyah Bendo.
References
Dakir, (2004), Perenncanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta, Rineka Cipta.
Hasto Wardoyo, (2017), Buku Pedoman Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Kabupaten Kulon Progo.
Majelis Dikdasmen PWM DIY, (2012), Kurikulum ISMUBA SD/MI Muhammadiyah.
Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2017, Kurikulum ISMUBA untuk SD Muhammadiyah.
Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani, (2018), Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Pendidikan nilai, Jurnal Tamaddun – FAI UMG, Vol.XIX No.2/Juli 2018.
Oemar Hamalik, (2017), Manajemen Pengembangan Kurikulum, PT Remaja Rosda Karya.
Siti Halimah, (2011), Inovasi dan Pengembangan Kurikulum Pembelajaran PAI, Tanzimat Jurnal, Medan: KOPERTAIS WIL – IX SU.
Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kulon Progo, (2017) Silabus Program Tahsin Tahfidz Al-Qur’an SD/MI Kabupaten Kulon Progo.
Tim pengembang Kurikulum, (2021), Kurikulum SD Muhammadiyah Bendo.
Yeni Tri Nur Rahmawati, (2019), Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Islamic Akademika : Jurnal Pendidikan dan Keislaman.
Zainuroqib, Wellia Shinta Sari, (2013), Sistem pengolahan Data nilai Siswa Berbasis Web pada Sekolah Menengah Atas SMA NU Al-Ma’ruf Kudus, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id