Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6442Keywords:
Media Sosial, Perkuliahan Daring, Covid-19Abstract
Media sosial menjadi salah satu sarana yang digunakan dalam menujang proses perkuliahan di masa pandemi covid-19. Tujuan peneltian ini adalah mengetahui penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa selama perkuliahan daring. Penelitian ini dilakukan secara daring dengan menyebar kuesioner pada mahasiswa PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang semester 2, 4, dan 6 Tahun Akademik 2019/2020. Teknik sampel yang digunakan menggunakan rumus Slovin dengan toleransi 1% sehingga didapatkan sebanyak 851 mahasiswa dari 919 mahasiswa. Kuesioner yang dibuat dalam bentuk google form yang diberikan kepada sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan media sosial lebih dari 2 tahun (97,2%), jauh sebelum adanya pandemi. Whatsapp menjadi media sosial yang paling banyak digunakan yaitu sebesar 99,6% oleh mahasiswa, Instagram 98% dan Youtube 87,2%. Media sosial digunakan untuk menemukan berbagai informasi (91,4%), untuk berkomunikasi (64,6%), dan menghilangkan kejenuhan 62,1%.References
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Rev VI). Rineka Cipta.
Center, K. I. (2020). Status Literasi Digital Indonesia: Hasil Survei di 34 Provinsi (Issue November).
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375.
Hou, Y., Xiong, D., Jiang, T., Song, L., & Wang, Q. (2019). Social Media Addiction: Its Impact, Mediation, and Intervention. Cyberpsychology: Journal of Psychosocial Research on Cyberspace, 13(1).
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.
Kenny, P., & Johnson, I. G. (2016). Social media use, attitudes, behaviours and perceptions of online professionalism amongst dental students. British Dental Journal, 221(10), 651–655.
Kusnayat, A., Muiz, M. hifzul, Nani, S., Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165.
Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2017). Social networking sites and addiction: Ten lessons learned. International Journal of Environmental Research and Public Health, 14(3), 1–17.
Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition (Second Edi, Vol. 6). Elsevier.
Purwanti, E., & Krisnadi, I. (2020). Implementasi Sistem Perkuliahan Daring Berbasis ICT Dalam Masa Pandemi Wabah Covid -19. Pascasarjana Program Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1(1), 1–12.
Rajeh, M. T., Sembawa, S. N., Nassar, A. A., Al Hebshi, S. A., Aboalshamat, K. T., & Badri, M. K. (2020). Social media as a learning tool: Dental students’ perspectives. Journal of Dental Education, 85(4), 1–8.
Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses and Gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 207–216.
Triastuti, Endah, Dimas Adrianto, D. A. N. (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id