Implementasi Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Indonesia Singapura

Authors

  • Novita Septiyani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nidar Yusuf Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6094

Keywords:

Implementasi Nilai-nilai Nasionalisme, Siswa Sekolah Dasar, Sekolah Indonesia Singapura.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengajarkan nasionalisme sejak dini, yang dirasa perlu sebagai pengembangan sistem pendidikan nasional yang dapat membedakan perbedaan, khususnya di Sekolah Indonesia Singapura, yang terletak di negara Singapura. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru, serta siswa kelas V pada sekolah dasar di Sekolah Indonesia Singapura. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai nasionalisme di Sekolah Indonesia Singapura sudah dapat berjalan dengan baik. Siswa dapat mengimplementasikan nilai nasionalisme yang terdiri atas 1) nilai toleransi, (2) nilai tanggung jawab, (3) nilai gotong royong, (4) nilai sopan santun, (5) nilai rela berkorban pada saat melaksanakan pembelajaran di sekolah. Untuk memaksimalkan implementasinya, sekolah menyediakan pembelajaran yang bermanfaat dengan kewarganegaraan Indonesia, kemudian mengadakan program ekstrakurikuler, serta memiliki program 5i.

References

An Nisaa’an Najm Al Inu & Dinie Anggraeni Dewi. (2021). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dan Di Masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 259–267. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1383

Arfadila, & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Nasionalisme Kebangsaan Pada Siswa Sd Muhammadiyah Muntok Bangka Barat. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 72–79.

Elisa Dwi Juliyati. (2021). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Nasionalisme. Osf Preprints, 148, 148–162.

Furqan, M. H., Yanti, S., Azis, D., Kamza, M., & Ruslan, R. (2020). Analisis Konten Nilai Cinta Tanah Air (Nasionalisme) dalam Materi Mata Pelajaran Kurikulum Geografi. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 48–63. https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1882

Indraswati. (2020). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme di SDN Karanganyar Gunung 02, Candisari, Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Rontal Keilmuan, 6(2). https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1721

Kutsianto. (2014). Metode Pembiasaan sebagai Media Pembentukan Karakter Anak di TK At Taqwa Balapan Ksatrian Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.

Muchlis, M., & Rodja Abdul Natsir, K. (2020). Penanaman Nilai Nasionalisme pada Upacara Bendera. Jurnal Jupekn, 1–5.

Muhammad Anwar. (2015). Filsafat Pendidikan. Kencana.

Rambe, T., Suhendro, P., Syahrul, L., Saragih, N., Khairani, L., Yayasan, P., & Menulis, K. (2019). Sejarah Politik dan Kekuasaan (Issue October).

Sri Uji Lestari, Ufi Saraswati, A. M. (2018). Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas XI di SMA Negeri 1 Sukorejo. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 205–215. https://doi.org/10.21831/istoria.v13i2.17736

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wardhana, I. P., S, L. A., & Pratiwi, V. U. (2020). Konsep Pendidikan Taman Siswa sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 232–242.

Downloads

Published

2022-01-05