Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5992Keywords:
Kecerdasan Emosional1, Pendidikan Karakter2.Abstract
Abstrak . Pelaksanaan pendidikan selama ini hanya berfokus pada aspek koginitif peserta didik, sedangkan kecerdasan emosional peserta didik tidak berkembang dengan baik yang berimplikasi terhadap degradasi moral peserta didik. Kecerdasan emosional yaitu kemampuan peserta didik dalam mengelola emosi yang dimiliki sehingga mengarahkan peserta didik dan berprilaku dengan tepat sesuai dengan kondisi yang dialami. Terdapat beberapa ASPEK Kecerdasan emosional diantaranya mengenali Emosi Diri, menglola Emosi, memotivasi Diri Sendiri, Mengenal Emosi Orang Lain (empati) Dan membina Hubungan. Kecerdasan emosional penting untuk di pupuk dan dikembangkan pada peserta didik di sekolah dasar karena pada usia sekolah dasar emosi anak mudah dibentuk. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik adalah dengan menerapkan pendidkan karakter. Dengan pendid i kan karakter peserta didik di sekolah dasar akan cerdas emosi, terbentuk karakter serta hasil belajarakan semakin meningkat.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Pendidikan Karakter
References
DAFTAR PUSTAKA
Bariyyah, K & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jenjang Kelas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 4 (2). 68-75. Goleman, Daniel. 1995. Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.
Goleman, D. (2007). Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting Dari IQ. Alih Bahasa: T Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustakautama.
Indaayu, P. (2017). Peran Pendidikan Karakter Dalam Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. 1 (1). 344-347.
Indriawati, P. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan. Jurnal Pendidikan Edutama. 5 (2). 1- 9.
Kemko Kesra RI. (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta.
Khodijah, Nyanyu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Arruzmedia
Labudasari, E. & Sriastria, W. (2020). Perkembangan Emosi Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon.
Lawrence, R. L. (2017). Understanding Collaborative Leadership in Theory and Pratice. In adult Learning Through Collaborative Leardership (pp.89-96). Wiley Online Library. https://doi.org/10.1002/ace.20262
Lestari, P. (2021). Tingkat Kecerdasan Emosi Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Konseling Koperhensif. 6 (1). 11-20.
Muslich, Masnur. (2014). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Primasari, G, at el. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Ramdhanti, M. (2019). Pembentukan Karakter Dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time). Jurnal Educate. 4 (1). 10-17.
Shapiro, Lawrence E. (1997). Menagajarkan Emotional Intellegence Pada Anak (Alih Bahasa Alex Tri Kantjono). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sumantri, S. M. (2015). Pengantar Pendidikan. Hakikat Manusia Dan Pendidikan. MKDK4001/MODUL 1.
Utami, W. S. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan. 4 (1). 63-66.
Zulaikah, S. (2019). Penguatan Pendidikan Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 10 (1). 83- 93.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id