Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Moral Anak Katolik Pada Era Pandemi Covid-19 di Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5678Keywords:
Covid-19, pendidikan moral Katolik, seksualitas, kejujuran, cinta lingkungan.Abstract
Pendidikan moral menjadi salah satu elemen penting dalam pendidikan di era digital 4.0. tanpa pendidikan moral yang memadai. Anak-anak akan menjadi korban dari kemajuan teknologi informasi yang semakin cepat dan canggih. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, apa peran orang tua dalam pendidikan anak pada masa pandemi covid-19? Selain itu diungkap juga apakah orang tua sudah menjalankan peran tersebut dengan baik atau tidak? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner tertutup kepada 100 orang tua yang memiliki anak-anak yang menempuh pendidikan sekolah dasar di Kota Malang, Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan selama tiga bulan di awal tahun 2021. Pendidikan moral yang dimaksud di dalam penelitian mencakup enam indikator; seksualitas, solidaritas, kemajemukan, keadilan, kejujuran dan cinta lingkungan. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa orang tua di Kota Malang, Jawa Timur memiliki peran dalam pendidikan moral anak. Selain itu para orang tua juga sudah menjalankan peran dalam pendidikan moral dengan baik.References
Adriansyah, M. A., Sofia, L., & Rifayanti, R. (2016). Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Anak Akan Kelestarian Lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(2), 86–106. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v5i2.2281
Apriati, Y., Azkia, L., & Alfisyah, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kepedulian Siswa MIN 5 Barito Kuala Terhadap Lingkungan Hidup Melalui Edukasi Lingkungan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 152. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i2.3381
Arum, G. A. (2019). Konsep Keadilan (Iustitia) Perspektif St. Thomas Aquinas Dan Relevansinya Bagi Pemaknaan Sila V Pancasila. Lumen Veritatis: Jurnal Filsafat Dan Teologi, 10(1), 23–44. https://doi.org/10.30822/lumenveritatis.v10i1.207
Ashaari, N. N. S. B. H., Sumadi, S. N. B., Salleh, N. A. B., NIsmail, aziera I. B., Adenan, N. A. H. B., & Husin, M. R. Bin. (2019). Masalah Pergaulan Bebas dalam Kalangan Remaja Sekolah. International Journal of Humanities, Management and Social Science, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.36079/lamintang.ij-humass-0201.21
Beck, M. J., & Hensher, D. A. (2021). Australia 6 months after COVID-19 restrictions- part 1: Changes to travel activity and attitude to measures. Transport Policy, June. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2021.06.006
Bracis, C., Burns, E., Moore, M., Swan, D., Reeves, D. B., Schiffer, J. T., & Dimitrov, D. (2021). Widespread testing, case isolation and contact tracing may allow safe school reopening with continued moderate physical distancing: A modeling analysis of King County, WA data. Infectious Disease Modelling, 6, 24–35. https://doi.org/10.1016/j.idm.2020.11.003
Chang, T.-Y., Hsu, M.-L., Kwon, J.-S., Kusdhany, M. L. S., & Hong, G. (2021). Effect of online learning for dental education in asia during the pandemic of COVID-19. Journal of Dental Sciences, xxxx. https://doi.org/10.1016/j.jds.2021.06.006
Cleopatra, M., Sahrazad, S., & Wulansari, L. (2020). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mencegah Berita “Hoax” Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 100–103. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983
Derung, T. (2019). Pastoral Yang Mengembangkan Persaudaraan Insani Ditinjau Dari Sosiologis. 48–59.
Diana, R. (2019). Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang tua terhadap Anak di Era Revolusi Industri 4.0. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.34307/b.v2i1.79
Fadlan, A., & Kasmadi, N. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembinaan Moral Anak Usia Dini. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 37. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.55
Fahruni, E. F., & Wiryosutomo, H. W. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Malas Belajar Daring Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Jurnal BK UNESA, 12(2), 22–36. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/36431
Farantika, D., & Indrawati, D. (2021). Sistem Pembelajaran Dari Rumah Melalui Model Daring TK Al Muhajirin Kota Malang Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 5(1), 128. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i1.326
Hidayaturrahman, M., & Husamah, H. (2021). Participation in building human resources: Independent strategies for facing a demographic expansion in a remote island. In Ashadi, J. Priyana, & Basikin (Eds.), Teacher Education and Professional Development in Industry 4.0 (pp. 141–150). CRC Press. https://doi.org/10.1201/9781003035978-22
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. (2021). Teachers’ attitudes towards social media (SM) use in online learning amid the COVID-19 pandemic: the effects of SM use by teachers and religious scholars during physical distancing. Heliyon, 7(4), e06781. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06781
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479
Kirsch, C., Engel de Abreu, P. M. J., Neumann, S., & Wealer, C. (2021). Practices and experiences of distant education during the COVID-19 pandemic: The perspectives of six- to sixteen-year-olds from three high-income countries. International Journal of Educational Research Open, 2–2(April), 100049. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2021.100049
Kurniati, E., Alfaeni, N. D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lidiawati, K. R., Simanjuntak, E. J., & Dewi, W. P. (2020). Psikoedukasi Pendidikan Seksualitas: “Love, Sex And Dating” Pada Remaja. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 440–445. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.1004
Lutfi, L., & Suryati, S. (2019). Pendidikan Kesehatan Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Seksualitas. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 6(3). https://doi.org/10.35842/jkry.v6i3.394
Mansur, & Bare, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 84–89. https://doi.org/10.29405/j.bes/3284-893298
Moa, A. (2013). Tugas perutusan keluarga kristen dalam pendidikan moral anak menurut amanat apostolik familiaris consortio. Logos, Jurnal Filsafat-Teologi, 10(2), 31–50. http://www.ejournal.ust.ac.id/index.php/LOGOS/article/view/877
Mogaji, E. (2020). Impact of COVID-19 on transportation in Lagos, Nigeria. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 6, 100154. https://doi.org/10.1016/j.trip.2020.100154
Nguyen, M. H., Hargittai, E., & Marler, W. (2021). Digital inequality in communication during a time of physical distancing: The case of COVID-19. Computers in Human Behavior, 120, 106717. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106717
Noti, F. B., & Darmawan, I. P. A. (2016). Identitas kristen dan peran pendidikan agama kristen di tengah kemajemukan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen, April, 68–73. https://semnas.sttsimpson.ac.id/index.php/SNPK/article/view/9
Portegijs, E., Keskinen, K. E., Tuomola, E. M., Hinrichs, T., Saajanaho, M., & Rantanen, T. (2021). Older adults’ activity destinations before and during COVID-19 restrictions: From a variety of activities to mostly physical exercise close to home. Health and Place, 68, 102533. https://doi.org/10.1016/j.healthplace.2021.102533
Purnama, S., Ulfah, M., Machali, I., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2021). Does Digital Literacy Influence Students’ Online Risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7(June), e07406. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07406
Putri, E. R. (2021). EFL teachers’ challenges for online learning in rural areas. Teflin Nasional Seminar, 402–409. http://utns.proceedings.id/index.php/utns/article/view/133/119
Putri, R. S., Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Impact of the COVID-19 pandemic on online home learning: An explorative study of primary schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/13867/7119
Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 61–67. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/81
Rekret, P. (2018). The posthumanist tabula rasa. Research in Education, 101(1), 25–29. https://doi.org/10.1177/0034523718792162
Rifai, R. (2019). Upaya Meningkatkan Sikap Solidaritas dan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Grafis “Monas Mama.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(2), 212–222. https://doi.org/10.30648/dun.v3i2.196
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Jurnal Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203
Saidang, S., & Suparman, S. (2019). Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 122–126. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.140
Sari, T. T. (2020). Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga Dalam Keberhasilan Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 127–136. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.346
Savitri, G. A., Kholis, N., & Zunaidah, A. (2019). Pola Interaksi Orang Tua dan Anak di Perkotaan Dalam Menghadapi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(1), 15–20. https://doi.org/10.33319/sos.v20i1.17
Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Covid-19 Pandemic: the Influence of Full-Online Learning for Elementary School in Rural Areas. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 114–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v6i2.8400.g5942
Shofiyah. (2020). Dampak Media Sosial dan Pornografi Terhadap Perilaku Seks Bebas Anak di Bawah Umur. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 57–68. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/download/503/373/
Sinulingga, S. P. (2016). Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak Di Indonesia. Jurnal Filsafat, 26(2), 214. https://doi.org/10.22146/jf.12784
Siron, Y., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Factors Affecting the Adoption of E-Learning in Indonesia: Lesson From Covid-19. Journal of Technology and Science Education, 10(2), 282--295-. https://doi.org/10.3926/jotse.1025
Sugiharto, A. (2020). Keselamatan Eksklusif dalam Yesus di Tengah Kemajemukan Beragama. Angelion Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 98–112. https://doi.org/https://doi.org/10.38189/jan.v1i2.66
Tanggur, F. S., & Nitte, Y. M. (2019). Praktik Pendidikan Agama Pada Siswa-Siswi Non Katolik Di Sekolah Dasar Katolik Se-Kota Kupang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(2), 179–316. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/162
Tanjung, A. W., Ellesia, N., Budiharjo, I. S., & Hanis, U. (2020). Meningkatkan Rasa Persaudaraan Dan Solidaritas Pertemanan Antar Siswa Untuk Menghindari Bullying. Dedikasi Pkm, 1(1), 111. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6064
Ummah, S., Mansur, R., & Setiawan, E. (2021). Storytelling melalui daring terhadap kemampuan kognitif anak usia dini di kelompok bermain (kb) nanda ceria bocek karangploso kabupaten malang. Dewantara, 3(1), 20–34. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index
Wulandari, S. P., Umayaroh, S., & Mahanani, P. (2021). Analisis Dampak Negatif Penggunaan Smartphone pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Perilaku Anak Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 456–464. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p456-464
Yafie, E. (2017). Pendidikan seksual anak usia dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and EducationResearch and Education), 4(2), 18–30. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/956
Yang, J. (2020). Major Power Relations in a Post-Pandemic World Order. China Quarterly of International Strategic Studies, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.1142/S2377740020500074
Zaluchu, S. (2017). Penderitaan Kristus Sebagai Wujud Solidaritas Allah Kepada Manusia. DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 61–74. https://doi.org/10.30648/dun.v2i1.129
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id