Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan Jenjang SD Dalam Mempengaruhi Formulasi Kebijakan Pemerintah Daerah Pada Dinas Pendidikan di Kabupaten Biak Numfor

Authors

  • Samar Samar INSTITUTE ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM (YAPIS) BIAK NUMFOR
  • Rudiyansyah Rudiyansyah INSTITUTE ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM (YAPIS) BIAK NUMFOR
  • Nur Inayati Saiful INSTITUTE ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM (YAPIS) BIAK NUMFOR

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.5230

Keywords:

Pemanfaatan DAPODIK, Pengaruh, Forrmulasi Kebijakan,

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui informasi dasar pendidikan jenjang sekolah dasar dalam mempengaruhi formulasi kebijakan pemerintah daerah pada dinas pendidikan dikabupaten biak numfor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan pengaruh formulasi kebijakan pemerintah daerah melalui dinas pendidikan.

Pemanfataan sistem data pokok atau disingkat dengan DAPODIK dan pengaruhnya terhadap kebijakan pemerintah daerah pada sektor pendidikan maka peneiliti mengamb beberapa hal yang penting dari penelitian ini seperti pemanfataan sistem aplikasi dapodik pada sekolah dalam melakukan input data pendidikan masih kurang maksimal dalam pemanfataannya. Hal ini dapat dilihat melalui kegiatan pemanfaatan DAPODIK pada sekolah dasar (SD) dikabupaten biak numfor masih manual dilakukan oleh kepala sekolah.

Selain itu adanya beberapa faktor penghambat dalam pemanfaatan sistem DAPODIK tersebut tidakterlepas banyaknya operator sekolah yang kurang memahami dalam penggunaan sistem informasi DAPODIK seperti, 1. tidak ada akses operator dinas dalam mengelola sistem informasi DAPODIK sehingga kalau ada operator sekolah yang melaporkan permasalahan sistemnya susah untuk memperbaiki langsung, 2.operator sekolah merasa rumit dalam pengaturan data pendidikan dan kurangnya kompetensi yang dimiliki oleh operator sekolah dalam menggunakan sistem pengelolaan DAPODIK dan operator DAPODIK sekolah masih manual dikerjakan oleh kepala sekolah,3. Adapun faktor pendukung yang dimaksud dalam pemanfaatan DAPODIK berdasarkan hasil pembahasan ini adalah ketersediaan fasilitas komputer dalam penginputan data pendidikan sekolah. Ketersediaan SDM dalam mengoprasikan dan penginputan data pokok pendidikan sekolah, ketersediaan anggaran yang cukup dalam operasionalnya dan ketersediaan internet untuk proses upload DAPODIK

Betuk policy pemerintah dapat berkaitan dengan penggunaan aplikasi DAPODIK adalah kebijakan kebijakan yang memperhatikan pemerintah terhadap kebutuhan tenaga pendidik dengan rasio siswa yang ada, pengelokasian anggaran dalam meningkatkan infrastruktur pendidikan nyang tepat sasaran dan pembenahan masalah-maslah lainnya yang terkait dengan pendidikan.

References

Bungin, Burhan.2007. “Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik

dan Ilmu Sosial lainnya”. Jakarta:Putra Grafika

Fattah, Nanang, 2014. “Landasan Manajemen Pendidikan” PT Remaja RosdaKarya,

Bandung

Hasbullah dkk, 2014. “Jaminan Kesehatan Nasional”. Jakarta; PT. Raja Grafindo

Persada.

Hasbullah. 2015. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Irianto Yoyon Bahtiar, 2012. Kebijakan Pembaruan Pendidikan, Raja Grafindo

Persada, Jakarta,

Komariah dan Djam'an Satori, 2010, Metodologi Penelitian. Kualitatif. Bandung :

Alfabeta

Kuntjara, Esther. 2006. Penelitian Kebudayaan Sebuah Panduan Gratis. Yogyakarta:

Penerbit Graha Ilmu

Nazir, Muhammad. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan.

Manajemen Pegawai Negeri Sipil (cetakan kesembilan). Bandung : PT Refika.

Aditama.

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung:

Mandar Maju

Siagian, Sondang P, (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara,.

Jakarta.

Soyomukti, Nurani. (2010). Pengantar Sosiologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukmadinata, 2006. Metode Penelitian Tindakan. Bandung : Remaja Rodsakarya

Sukmadinata (2009). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Sugiyono. (1997). Metodologi Penelitian Administrasi. Yogjakarta: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima. Yogyakarta:

Prenada Media.

Syaiful Sagala. 2008. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2021-05-10