Konstruksi Sosial Media Komunikasi Instagram Terhadap Pola Pikir Perilaku Mahasiswa Pendidikan Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.505Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti media massa khususnya media instagram yang menyebabkan terjadi perubahan secara cepat dimana-mana. Media massa khusunya media instagram sedikit demi sedikit membawa masuk mahasiswa pendidikan sosiologi. Tujuan penelitian untuk mengatahui bagaimana penggunaan media social instagram medorong perubahan pola pikir perilaku mahasiswa pendidikan sosiologi.untuk mencapai tujuan penelitian ini, maka penelitian menggunakan metode kualitatif dengan dasar penelitian studi kasus dan tipe penelitian deskriptif yaitu suatu model penelitian yang bertujuan untuk penelitian yang dilakukan secara intensif terperinci dan mendalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian sosial budaya (PSB) dengan tipe deskriptif kualitatif, yaitu memberikan gambaran tentang pola pikir perilaku mahasiswa mengenai media Instagram tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dipilih dengan penentuan informan secara availability sampling atau biasa dikenal dengan aksidental yaitu teknik pengambilan informan secara kebetulan dan tidak menggunakan kriteria atau pertimbangan tertentu. Hasil penelitian ini adalah bahwa Instagram merupakan media yang memberi kemudahan cara berbagi secara online oleh fofto-foto, video dan juga layanan jejaring sosial yang dapat digunakan pengguna untuk menggambil dan membagi keteman mereka ataupun mejajahkan produk mereka melalui media Instagram tersebut.
Kata Kunci : Pola Pikir, Perilaku Mahasiswa Pendidikan Sosiologi
References
Abdullah.Aceng. (2000). Press relations, kiat berhubungan dengan media massa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Branen.Julia, (1997).Memandu Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bungin. (2005). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Dalam Ardial. Jakarta: Bumi Aksara.
Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Kencana, Jakarta.
Bogdan dalam Irwan (2015) Metodeanalisis data.
Balack.James dan Dean J. Champion, (1992). Metode dan Masalah Penelitian Sosial. Bandung: Eresco.
com/read/2014/02/19/1623250/Hasil.Survei.Pemakaian.Internet.Remaja.In donesia.http://www.koransindo.com/read/974299/152/unsur-privat-dan-publik-di-path-1425952919 Diakses tanggal 16 juni 2016.
Desyana, Cornila. (2015”). Path Klaim Paling Banyak Penggunaa di Indonesia.http://www.tempo.co/read/news/2014/02/24/061556984/Path-Klaim-Paling-Banyak-Pengguna-di-Indonesia, Diakses tanggal 15 juni 2016.
Dwiningrum, S. I. A. (2012). Ilmu sosial & budaya dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Guba dan Lincoln, dalam Sugiono (2006).Metodologi Penelitian. Penerbit Alfabeta
Kominfo.com, (2015). Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. http://kominfo.go.id/index. php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+J uta+Orang/0/berita_satker. Diakses tanggal 16 juni 2016
Koenttjraningrat (1996) Sosiologi perubahan sosial.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Lukman, Enricko. (2014). Laporan 30 Juta Pengguna Internet di Indonesia adalah Remaja.http://id.techinasia.com/laporan-30-juta-pengguna-internet-di indonesia-adalah-remaja/ Diakses tanggal 11 Maret 2016.
Maryani, E., & Arifin, H. S. (2012).Konstruksi Identitas Melalui Media Sosial. Journal of Communication Studies, 1(1).
Morissan, dkk. (2010). Teori Komunikasi Massa. Bogor, Ghalia Indonesia.
http://tekno.kompas .diakses pada 29 juli 2016
Martono, Nanang. (2012). Sosiologi perubahan sosial: perspektif klasik, modern, postmodern, dan postkolonial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Milles dan Huberman (1984) dalam buku Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D dari Sugiyono, 2014:246.
Notoatmodjo, S., (2007), Promosi Kesehatan dan Perilaku.http://www.indonesian- publichealth.com/teori-perilaku-kesehatan/ diakses tanggal 13:04:2015.
Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Kriyantono, Rachmat. (2014). Teknik Praktis Riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pasaribu, A. O. H. (2016). Konstruksi Identitas Diri Remaja Pengguna Media Instagram Di Kota Medan.FLOW, 2(18).
M. Tahir Kasnawi dalam Salahuddin (2004) pembangunan sebagai proses perubahan sosial.
Suyanto.Bagong.Sutinah. (2007). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana,
Ardial. (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Simarmata.Janer. (2006). Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi.
Tamburaka.Apriadi. (2013). Agenda Setting. Media Massa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wardani Anindia Pramura. (2015) Konstruksi Diri Dalam Sosial Media.Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Wright.Chales.(1973). Praktik Ilmu Komunikasi. Dalam Farouk. Muhammad. Jakarta Selatan: Teraju.
Zainuddin, M. (2015) Perubahan Sosial dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jawa Pos him 8
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id