Nilai-Nilai Feminisme Guru Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.503Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat terhadap nilai-nilai feminisme yang dimiliki guru taman kanak-kanak di Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara dan bagaimana proses penanam nilai-nilai yang dilakukan guru Taman Kanak-Kanak terhadap peserta didiknya. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan penelitian ini diharapkan dapat mengungkap berbagai informasi kualitatif dengan deskripsi-analisis yang teliti dan penuh makna, yang juga tidak menolak informasi kuantitatif dalam bentuk angka maupun jumlah. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Karena permasalahan dan fokus penelitian sudah ditentukan dalam proposal sebelum terjun ke lapangan, maka jenis strategi penelitian ini secara lebih spesifik dapat disebut sebagai studi kasus terpancang (embedded case study research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai feminisme telah memperbaiki posisi perempuan dalam masyarakat dan pemberian hak perempun. Pandangan setiap masyarakata terhadap sosok seorang guru akan berbedah-bedah tegantung darimana kita mengambil sudut pandang. Dengan sifat-sifat kewanitaan dan keibuannya seorang guru taman kanak-kanak mampu membentuk karakter anak didiknya, mengembangkan keterampilan dasar dan dasar-dasar pemahaman dalam semua bidang mampu memenejemen kelas. Dalam proses penanaman nilai-nilai pada anak, pendidikan moral disisipkan secara terstruktur dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pembelajaran yang dilaksanakannya.
Kata Kunci: Nilai, Feminisme, Guru
References
Bachri, Bachtiar S. (2010). “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif”. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.10 No.1. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Dimyanti & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Echols, John M. dan Hassan Shadily (1983). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta:
Eviota, Elizabeth, (1992). The Political Economy of Gender. London: Zed Books, Ltd.
Fakih, Mansour, (1996). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar..
Garis-garis Besar Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-Kanak (1994). Jakarta. Depdiknas.
Gettwicki, Carol. (2007). Developmentally Appropriate Practice: Curriculum and Development in
Gramedia. Cet. XII.
Gutama,dkk. (2005). Mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistik. Seminar dan Lokakarya Nasional 2005 PendidikanAnakUsiaDini, kampus UGM 14-16 Nopember 2005.
Gutama. (2002). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas: direktorial Pendidikan Luar Sekolah
Haryanto, Sindung. (2012). Spektrum Teori Sosial dari Klasik hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Heraty, Toeti Noerhadi, (2002). “Perihal Rekayasa dan Bias Gender”. Dalam
Jalal, Fasli. 2004. Potret Pengasuhan, Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Forum Padu.
Jamaris, Martini. (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta: Grasindo.
Kamalfachri, “Teori Behaviorisme” ,dalam Website file:///H:/Teori behaviorisme dan permasalahn/Kamalfachri. Weblog.htm, data diakses pada tanggal 2 Juni 2011.
Latief, Dochak, (2006), Etika Bisnis: Antara Norma dan Realitas, Muhammadiyah Universitas Press, Surakarta.
Lutfian, Alvi, (2004). “Perupa Perempuan Yogyakarta Tinjauan Dalam Perspektif Gender”. Dalam EKSPRESI Seni dan Perempuan Jurnal ISI Yogyakarta.
Mohammad Ali dan Mohammad Asrori, (2010). Judul : Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Dididik). Penerbit PT Bumi Aksara : Jakarta.
Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mosse,Julia Cleves. (2007). Gender & Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Quraisy, H., & Nawir, M. (2015). Kesetaraan Gender Pegawai Dinas Pertanian. equilibrium, 3(1), 77-86.
Sugihastuti & Suharto. (2002). Kritik Sastra Feminis : Teori dan Aplikasinya Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Susanti, B.M, (2000). “Penelitian Tentang Perempuan Dari Pandangan Androsentris ke Perspektif Gender”. Dalam EKSPRESI Dari Bias lelaki menuju Kesetaraan Gender Jurnal ISI Yogyakarta.
Vioranova.blogspot.com 2013
Whelehan, Imelda, (1993), Modern Feminist Thought: From the Secondwaveton “Post Modernism”. New York: New York University Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id