Perilaku Sosial Anak Putus Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.500Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku sosial dan faktor penyebab anak putus sekolah di masyarakat Pattallassang Kabupaten Takalar. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian social budaya yang jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara penentuan sampel melalui teknik Purposive Sampling dengan memilih beberapa informan yang memiliki kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti yakni mengetahui tentang Perilaku Sosial Anak Putus Sekolah. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa faktor penyebab anak putus sekolah di masyarakat Pattallassang Kabupaten Takalar Secara umum adalah kondisi ekonomi keluarga yang kurang mendukung, factor lingkungan dan dari diri anak itu sendiri. Sementara perilaku sosial anak putus sekolah memperlihatkan bahwa perilakunya cenderung kepada hal-hal bersifat negatif, seperti: menjadi lebih nakal, sering keluar malam untuk berkumpul dengan teman-temannya, melakukan tindakan kekerasan, mabuk-mabukan, sampai mengkonsumsi narkoba. Namun, berbeda dengan anak putus sekolah kemudian melakukan aktivitas lain, seperti bekerja dan membantu orang tuanya mereka cenderung melakukan perilaku yang positif. Berbagai upaya juga dilakukan pemerintah setempat dalam mencegah terjadinya anak putus sekolah.
Kata Kunci : Perilaku Sosial, Anak Putus Sekolah.
References
Bagong Suyanto. (2013). Masalah Sosial Anak. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Budiono. (1997). Pendidikan dan Perubahan Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Aditya Media
FKIP Unismuh Makassar. (2014). Pedoman Penulisan Skrips. Makassar: Panrita Press
Gunarm D, Singgih, Prof. Dr. (2004). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. PT BPK: Gunung Mulia.
Hariadi, Sri Sanituti & Bagong Suyanto (eds.). (2001). Anak-anak yang Dilanggar Haknya: Potret Sosial Anak Rawan di Indonesia yang Membutuhkan Perlindungan Khusus. Kerjasama Pusat Kajian Anak FISIP Unair, LPA Jatim, dan UNICEF.
Illich, Ivan. (2000). Bebaskan Masyarakat dari Belenggu Sekolah. Jakarta: Obor Nasional.
Illich, Ivan dkk. (1999). Menggugat Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lexy J. Moleong, DR, MA. (2004). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Milles, M. B. dan Huberman, M. A. (1984). Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication.
Nawawi, Hadori. (2000). Intereksi Sosial. Jakarta : Gunung Agung.
Ritzer, George. (2014). Sosiologi Ilmu Berparadigma Ganda. Terjemahan Alimandan. Jakarta: Rajawali Pers.
Robinson, Philip. (1986). Beberapa Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali
Sarwono, Sarlito Wirawan. (1997). Psikologi Sosial. Yogyakarta : Andi
Setiadi, Elly M & Kolip, Usman. (2011). Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta Dan Gejala Permasalahan Social: Teori, Aplikasi dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana.
Singarimbun, Efendi Sofian. (1982). Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta.
Soekanto, Soerjono. (2014). Sosiologi Suatu Pengantar (Edisi Revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumber lain:
Anonim. (2011). Anak Putus Sekolah dan Cara Pembinaannya. http://www.diskusiskripsi.com skripsi anak putus sekolah dan cara pembinaannya.htm diakses pada tanggal 20 April 2015 pukul 20.17 wita
Anonim. (2011). Anak Putus Sekolah. http://www.diskusiskripsi.com /2011/02/anak-putus-sekolah-dan-cara. htm diakses pada tanggal 20 April 2015 pukul 20.13 wita
Anonim. (2012). Perilaku Dalam Teori Sosial http://mustofaart.blogspot.com /2012/05/perilaku-dalam-teori-sosial.html (Diunduh pada tanggal 29 April 2015)
Data Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar 2013/2014.
Data Sub Program DIKBUDPORA, Kabupaten Takalar 2013/2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id