Pendidikan Berbasis Agama Islam Sebagai Katalisator Di Lingkungan Sosial Perkotaan
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.495Abstract
Pendidikan Islam hendaknya dapat mewarnai kepribadian seserorang, sehingga agama benar-benar manjadi bagian dari pribadinya dikemudian hari. Agama harus dihayati benar dan digunakan sebagai pedoman hidup manusia, maka agama harus menjadi dasar dalam kepribadiannya. Pendidikan Islam harus menyentuh tiga institusi pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Jangan dikesankan bahwa tugas pendidikan hanya tugas guru di sekolah ataupun dosen di kampus, bahkan pendidikan keagamaan (tata cara shalat, mandi hadas besar, dan lain-lain) dikesankan tugas ustadz ataupun guru agama di sekolah/kampus. Orangtua harus senantiasa membentengi keluarga dengan pendidikan keagamaan dan jangan ragu untuk mem-back up anak-anaknya sekolah di lembaga pendidikan keagamaan seperti madrasah ataupun pesantren. Perkembangan/pembentukan kepribadian anak tidaklah terjadi dengan begitu saja, melainkan merupakan perpaduan (interaksi) antara faktor-faktor konstitusi biologi, psiko-edukatif, psiko-sosial dan spiritual. Anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik bilamana diasuh dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang sehat dan bahagia. Keteladanan dalam pendidikan merupakan metode influentif yang paling meyakinkan keberhasilannya dalam menyiapkan dan membentuk anak pada moral, spiritual dan sosial. Realitas kehidupan di perkotaan sudah sangat terkontaminasi dengan pengaruh pragmatism dan hedonisme, sehingga dengan bekal Pendidikan Islam dari tiga lingkungan pendidikan dapat menjadi katalisator diri untuk berinteraksi dalam menyelami kehidupan sosial di perkotaan. Bahkan modernisasi sudah merasuki semua sendi-sendi kehidupan sosial manusia, sehingga terkesan dunia ini tanpa batas lagi, dan hanya dengan Pendidikan Agama Islam yang mejadi “pegangan” sehingga seseorang mampu membentengi diri atau terlibat jauh dengan kehidupan bebas di perkotaan.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Katalisator, Kehidupan Perkotaan.
References
A Alquran Al-Karim
Daradjat. Zakiah, (1980) Peranan Agama Dalam Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung.
----------------------, (1992), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
H. M. Arifin. M, (1996), Ilmu Pendidikan Islam : Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullah, (1996), Kapita Selekta Pendidikan Islam Di Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo.
Hawari. H. Dadang, (1997), Alquran, Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiva (Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.
Suharsono, (2000), Mencerdaskan Anak (Jakarta: Inisiasi Press.
Soekanto, Soejono. (1985), Max Weber: Konsep-konsep Dasar dalam Sosiologi, Jakarta: Rajawali.
Tadjab, (1994), Perbandingan Pendidikan: Studi Perbandingan tentang Beberapa Aspek Pendidikan Barat Moderen, Islam dan Nasional; Surabaya: karya Abditama.
Uhbiyati. Nur dan Abu Ahmadi, (1991), Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Ulwan. Abdullah Nashih, Tarbiyatu ‘I-Aulad fi ‘I-Islam, Juz I & Juz II, ed. terj. (1981) oleh Drs. Saifullah Kamalie, Lc dan Drs. Hery Noer Ali dengan judul Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, Semarang: Asy¬-Syifa'.
UU No. 20 tahun (2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional
UU No. 14 tahun (2005) tentang Guru dan Dosen
Usman. Moh. Uzer, (1995). Menjadi Guru Profesional, PT. Remaja Rosda Karya.
Vembriarto. St, (1990), Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Andi offset
Wirawan. Sarlito, (1982), Pengantar Umum Psikologi, Jakarta; Bulan Bintang.
Zainuddin. (1991), Seluk-beluk, Pendididkan Dari AI-Gazali, Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id