Pendidikan Kebangsaan Dalam Perspektif Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.494Abstract
Tujuan pendidikan kebangsaan untuk menciptakan generasi bangsa yang berwatak dan menciptakan peradaban bangsa yang bermartabat, yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan individual dan kelompok. Namun hingga kini, lemahnya pendidikan nilai-nilai kebangsaan karena lemahnya transformasi pembelajaran kebangsaan dalam lingkungan pendidikan formal, non formal termasuk keluarga yang berimplikasi pada globalisasi dan berdampak pada pelemahan nasionalisme. Tetapi, perspektif negatif ini tidak mempengaruhi Universitas Cokroaminoto untuk melakukan transformasi nilai-nilai pendidikan kebangsaan disemua kalangan cipitas akademik. Justru itu, kajian ini penting untuk memahami kerangka pemikiran H.O.S. Cokroaminoto terhadap pendidikan kebangsaan dalam perspektif Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustakan dengan metode kualitatif deskriftif. Kajian dimulai dengan pengumpulan data-data dokumen berupa buku, jurnal, blong dan hasil-hasil penelitian lainnya. Analisis data dokumen dilakukan dengan analisis konten, seterusnya data dokumen yang telah dikumpulkan dianalisis secara interaptif untuk menghasilkan kerangka teori. Melalui pendekatan teori fungsional, hasil penelitian menemukan sebagaimana kerangka pemikiran H.O.S Cokroaminoto tentang pendidikan kebangsaan berbasis Islam dapat meretas keraguan, membentuk jiwa sosialisme, memperkuat nasionalisme dan memperkokoh kepemimpin serta membentuk ekonomi interfenersif. Justru itu, Universitas Cokroaminoto harus lebih mendorong pada aspek pengembangan pendidikan kebangsaan yang berdialogi sosialisme islamisme.
Kata Kunci : Pendidikan, Kebangsaan dan Islamisme
References
Amelz, (1952). HOS Tjokroaminoto Hidup dan Perjuangannya. Jilid I, Jakarta: Bulan bintang.
Ali, Mukti, (1975). Meningkatkan Penelitian Ilmu-Ilmu Agama, Yogyakarta: al-Jami‟ah IAIN Sunan Kalijogo.
Arifin, Fx Suarif, (1999). Petisi Soetardjo: Upaya Damai Meraih Kemerdekaan. Atma nan Jaya: majalah ilmiah Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, 12.1-3: 111.
Amin, (1995). Cokroaminoto Rekonstruksi Pemikiran dan Perjuangannya, Yogyakarta: Cokroaminoto University Press.
Aria, Y.; Dwi, Rhoma, (2015). The Grand Old Man Indonesia: Pers dan Nasionalisme.
Bogdan, R. C. &. Biklen, S. K. (2006). Qualitative research for education: An introduction to theories and methods.
Daymon, C., dan Holloway, I. (2008). Metode-Metode Riset Kualitatif: dalam Public Relations dan Marketing Communications. Yagyakarta: PT. Bentang Pustaka.
Darussalam, et al. (2013). Sosialisme Islam (Tela’ah Pemikiran Hos Tjokroaminoto). PhD Thesis. UIN Sunan Kalijaga.
Denzin, N. K., dan Lincoln, Y. S. (2009). Pendahuluan Memasuki Bidang Penelitian Kualitatif (Dariyatno, B. S. Fata, Abi & J. Rinaldi, Trans.). In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.), Handbook of Qualitative Research (2nd ed.,2009.pp. 1-25). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haq, Hamka, (2011). Pancasila 1 Juni dan Syariat Islam, Jakarta: PT. Wahana Semesta Intermedia.
Herdi Sahrasad, (2000). HOS Cokroaminoto, Sosialisme di dalam Islam, dikutip dari Islam, Sosialisme dan Komunisme. Jakarta: Madani Press.
Kirom, Sazalil, et al. (2013). Buruh Dan Kekuasaan: Dinamika Perkembangan Gerakan Serikat Pekerja Di Indonesia (Masa Kolonial–Orde Lama). Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1.1.
Mappanganro, (1996). Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah, Ujung Pandang: Yayasan Ahkam.
Mulawarman A. D. (2006). Jang Oetama Jejak dan Perjuangan H.O.S. Tjokroaminoto. Yagyakarta: Galang Pustaka; 21-33
Natsir, M, (1973). Kapita Selekta, Jakarta: Bulan Bintang Hal 77
Nugroho, Anjar. (2013) Wacana Islam dan Negara Era Pra-Kemerdekaan: Pergulatan Ideologis Kelompok Islam dan Nasionalis Sekuler. Jurnal Afkaruna, 9.2.
Pradana, Rintahani Johan, (2014). Strategi Pendidikan Tjokroaminoto dalam Rumah Kost Soeharsikin Surabaya (1912-1922). SKRIPSI Jurusan Sejarah-Fakultas Ilmu Sosial UM.
Rosidi, Ajib, (1973). HOS. Cokroaminoto, Yogyakarta: Mimbar.
Suwirta, Andi; Adam, Arlin. (2012). Membincang Kembali Masalah Etnisitas, Nasionalitas, dan Integrasi Nasional di Indonesia. ATIKAN, 2(2).
Wibisono, Jusuf. (1950). Islam dan sosialisme. Pustaka Islam.
Yusuf, Moh. (1987). Sarikat Islam Dalam Pergerakan Nasional Indonesia: Suatu Tinjauan Historis. PhD Thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id