Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 20 Gowa )
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4539Keywords:
Pendemi Covid 19, Efektivitas pembelajaran daring, KendalaAbstract
Efektivitas pembelajaran yang berani selama masa pandemi Covid-19 di SMAN 20 Gowa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa. Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Dibimbing Oleh H. Nurdin dan Risfaisal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana meningkatkan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di SMAN 20 Gowa. Peneltian ini bersifat kualitatif. Teknik wawancara, termasuk: observasi langsung dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di SMAN 20 Gowa. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, display data, penarikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang efektif selama masa pandemi covid-19 yang dilakukan oleh siswa dan guru kurang efektif. Karena banyaknya hal yang merusak selama proses belajar seperti terkendala karena jaringan yang kurang baik serta media pembelajaran yang kurang mendukung. Siswa juga kadang-kadang dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru karena tugas yang diberikan terlalu banyak namun siswa kurang memahami materi pembelajaran.
References
Arzayeva, M., Rakhimzhanov, K., Abdrahmanova, A., & Umitkaliev, U. (2015).Special aspects of distance learning in educational system. Anthropologist, 22(3), 449–454.
Arifah Prima Satrianingrum,(2020) Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Universitas Negeri Yogyakarta.
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4).
Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. March, 113–115.
Ericha Windhiyana Pratiwi.(2020). Dampak Covid -19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Disebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia, Bandung.
Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5.
Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Education, 1(2), 61–70.
Hartono, W.(2020).Penggunaan E-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1-18
Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Jones, K., & Sharma, R. (2019). REIMAGINING A FUTURE FOR Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id