Strategi Pemberdayaan Ekonomi Komunitas Berkebutuhan Khusus Melalui Industri Kreatif di Sidosermo Indah, Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4417Keywords:
Keywords, Economic Empowerment, Difable Community, Creative Industry.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi yang digunakan oleh Tiara Handicraft dalam melakukan pemberdayaan ekonomi komunitas berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil yang didapatkan para komunitas berkebutuhan khusus dapat bekerja dengan penunjang fasilitas yang cukup, sikap kekeluargaan yang sealu dikedepankan. Mereka merasa bahagia meskipun dengan perlakuan seperti manusia normal pada umumnya. Ibu Titik Winarti selaku pendiri juga telah mendapatkan berbagai penghargaan baik tingkat lokal, regional, nasional hingga internasional.
References
A Partanto, Pius dan M. Dahlan Al Barry, 1994. Kamus Ilmiah Populer,
Yogyakarta: Arkola.
Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Biro Hukum Departemen Sosial RI. Peraturan Pemerintah No. Tahun Tentang
Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat, Jakarta:
Depdiknas.
Coloridge, 1997. Pembebasan dan Pembangunan, Perjuangan Penyandang Cacat
di Negara-Negara Berkembang, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI, 2007. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Syaamil
Qur’an.
Effendi, Muhammad . 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan,
Jakarta: Bumi Aksara.
W. J. S. Poerwodarminto, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai
Pustaka.
Gerungan, 2009. Psikologi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama.
Husman dan Purnomo, 1996. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara.
J. Moleong, Lexy. 2000 Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT
Rosydakarya.
---------------------. 2004. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Lock, Jessica. 2011 Pendapatan dan Perubahan Terhadap Difabel, Malang:
UMM.
Moh. Ali Aziz, dkk. 2005. Dakwah Pemberdayaan Masyarakat: Paradigma Aksi
Metodologi, Yogyakarta: Putaka Pesantren.
Simandjutak, 1981. Beberapa Aspek Patologi Sosial, Bandung: Alumni.
----------------, 1985. Patologi Sosial, Bandung: Tarito.
Soematri, T. Sutjihatini. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa, Bandung: Refika
Aditama.
Soetomo, 2008. Strategi-Strategi Pembangunan Masyaakat, Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Suharto, Edi, 2010 Membangun Masyarakat Memperdayakan Rakyat, (Kajian
Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial), Bandung: PT Refika Aditama.
Tim Penyusun Kamus Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa, 2003. Kamus
Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.
Vembrianto, 1984. Pathologi Sosial, Yogyakarta: Paramita.
Yatmo Hutomo, Mardi. 1996. Pemberdayaan Dalam Bidang Ekonomi: Tinjauan
Teoritik dan Implementasi, Jakarta: CSIS.
Peter Coleridge, Pembebasan dan Pembangunan, Hal. 86
Jurnal:
Rahbini, Pendidikan Inklusif, Sebuah Konstruksi Pendidikan Anti Diskriminasi
Bagi Difabel, dalam Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 2, No. 1, 2012.
Tarsidi, Didi. Mengatasi Masalah-Masalah Psikososial Akibat Ketunaetraan
Pada Usia Dewasa, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 18,
Nomor 1, Januari 2012.
Tohari, Slamet. Kemerdekaan Dalam Kuasa Normalisme, dalam Jurnal Maarif Vol. 3, No. 3, Tahun 2008.
Makalah:
Parsudi Suparlan, 1983. Metode Pengamatan, (Makalah dalam seminar Penelitian
dan Kebudayaan DEPDIKBUD.
Skripsi:
Ainul Mu’jibah, Pemberdayaan Difabel Melalui Program Pengembangan
Karakter, dalam skripsi, FD IAIN Surabaya, 2008.
Wawancara:
Wawancara dengan Ibu Titik Winarti, (Owner Tiara Handycraft), 18 April 2019.
Wawancara dengan Mas Ade Rizal 21 Mei, 11 Juni 2019.
Wawancara dengan Mas Amin 02 Juni 2019.
Wawancara dengan Mas Uklik dkk 02 Juni 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id