Perjuangan Masyarakat Adat Mempertahankan Hak Ulayat
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4318Keywords:
Masyarakat adat, identitas, Ruang HidupAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk melihat bentuk strategi yang digunakan masyarakat Bius Huta Ginjang dalam mempertahankan hak ulayatnya. Hak ulayat yang dimaknai sebagai ruang hidup masyarakat dan sudah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada pembentukan komunitas pada Bius Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan pengumpulan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan beragam sumber baik dari informan kunci maupun dari data sekunder. Analisis data dilakukan dengan model interaktif berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perjuangan dalam mempertahankan hak ulayat dengan menggunakan pendekatan identitas masyarakat adat, bukan memakai identitas lain seperti petani atau buruh. Pemilihan identitas masyarakat adat karena didukung oleh praktik-praktik kehidupan yang masih mengedepankan peraturan adat dalam masyarakat serta bukti-bukti kesejarahan. Representasi perjuangan diwujudkan dengan membentuk suatu komunitas adat sebagai wadah mempersatukan setiap aktor penting dalam perjuangan. Strategi ini dipilih sebagai bagian memanfaatkan peluang pasca putusan Putusan Mahkamah Konstitusi nomor 35/2012.Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id