Analisis Human Capability dan Social Capability Pada Panti Sosial di Kalimantan Selatan
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4020Keywords:
Kemampuan Manusia, Kemampuan Sosial, Kesejahteraan Sosial.Abstract
Penelitian ini menggali tentang usaha-usaha peningkatan kesejahteraan sosial yang ada di Kalimanan Selatan. Peneliti menganalisis usaha-usaha peningkatan kesejahteraan sosial yang juga meningkatkan peningkatan kemampuan manusia dan kemampuan sosial khususnya pada Panti sosial yang ada di Kalimantan Selatan. Kemampuan manusia dilihat dari aspek pendidikan, keterampilan dan kesehatan. Segi kemampuan sosial dilihat dari adanya aspek kepemimpinan, relasi-relasi yang dilandasi kepercayaan, nilai-nilai yang dipegang teguh, dan mengembangkan jaringan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Lokus penelitian ini adalah 5 Panti Sosial yang ada di Kalimantan Selatan, yaitu Panti Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Budi Luhur, Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati, Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Fajar Harapan, Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera, dan Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Budi Sejahtera. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan sosial berupa pendidikan, keterampilan dan kesehatan memang menjadi progam panti. Tetapi, pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan formal. Tujuan dari program adalah meningkatkan kemandirian serta produktifitas penerima manfaat, meskipun ada panti yang memberikan program tersebut sekedar untuk mengisi waktu luang selama di panti. Sedangkan kemampuan sosial dalam hal aspek pengembangan jaringan sosial belum menjadi program utama di panti. Sehingga klien keluar dari panti belum memiliki jaringan sosial yang bisa dimanfaatkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id