Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Swasta Titfen di Yayasan Titfen Kabupaten Kupang
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3388Keywords:
Manajemen Yasayan, MBS, Upaya Meningkatkan, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini berjudul “Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Swasta Titfen Di Yayasan Titfen Kabupaten Kupang”. Masalah Penelitian adalah ; Mengapa Manajemen Berbasis Sekolah dipilih untuk meningkatkan Kinerja Guru pada SMP Swasta Titfen? Fokus masalahnya adalah (1). Manajemen Sekolah berbasis Yayasan; (2). Manajemen Berbasis Sekolah; dan (3). Kinerja Guru. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan interaksi simbolis. Peneliti mengidentifikasi esensi pengalaman manusia tentang fenomena manajemen Yayasan dan MBS serta menguraikan semua perilaku manusia yang pada dasarnya memiliki makna-makna sosial (social meanings), bertolak dari fenomena yang dialami. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Analisis data digunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian dan analisis data. Fokus kajiannya didasarkan pada data dan sejumlah informasi yang diperoleh dengan tidak menetapkan jumlah informan. Hasil menunjukan bahwa (1). Manajemen sekolah berbasis yayasan kinerja guru rendah; (2). Manajemen Berbasis Sekolah dapat meningkatkan kinerja guru. Dengan MBS ddiberlakukan otonomi sekolah, adanya tranparansipenelitiannya, akuntabilitas dan adanya kemandirian sekolah dalam mengelola sekolah; dan (3). Upaya meningkatkan kinerja guru adalah menerapkan MBS di SMP Swasta Titfen. Di samping itu, yayasan pendidikan Titfen perlu merubah diri dan siap menerima manajemen perubahan, yakni MBS, agar kinerja guru dapat ditingkatkan sehingga mutu pendidikan dapat ditingkatkan.
References
Alma, Buchari, H., 2014, Pengantar Bisnis, Bandung: Alfhabeta
Apriliya, Seni, 2007, Manajemen Kelas Untuk Menciptakan Iklim Belajar yang Kondusif, Jakarta: Visindo Media Persada.
Arikunto, Suharsimin, 2012, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Danim, Sudarwan, 2012, Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto, 2013, Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Gava Media
Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, Jakarta
………….. 2005, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.Jakarta
Evans, R., 1996, The Human Side of School Change: Reform, Resistance, and the Real Life Problems of Innovation, San Francisco, Jose Bass.
Fattah, Nanang, 2002, Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id