Analisis Peran Ganda dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Dosen Perempuan di Kabupaten Sumbawa
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3386Keywords:
Peran Ganda, Lingkungan Kerja, Kinerja Dosen Perempuan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah ada pengaruh peran ganda dan lingkungan kerja terhadap kinerja dosen perempuan serta apa saja harapan-harapan para dosen perempuan dan faktor-faktor apa yang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dosen perempuan di Kabupaten Sumbawa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, studi dokumen serta observasi dengan dibantu program Microsoft Excel. Dengan hipotesa awal bahwa peran ganda dosen perempuan dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerjanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ganda tidak mempengaruhi kinerja dosen perempuan terlihat dari sekitar 74% dosen perempuan merasa nyaman dengan peran gandanya.Mayoritas Dosen perempuan yang menjalani peran gandanya selama ini telah merasa puas atas segala yang mereka capai dan lakukan saat di rumah maupun di kampus tempat mereka bekerja. Lingkungan kerja tidak mempengaruhi kinerja dosen perempuan, walaupun fasilitas yang ada di kampus masih belum optimal dalam mendukung kinerja mereka, ada 58% yang menganggap demikian, sehingga dibutuhkan perhatian dari pihak kampus dalam menyiapkan fasilitas yang mendukung tersebut. Untuk meningkatkan kinerja dosen perempuan dibutuhkan perhatian dari pihak kampus dalam menyiapkan fasilitas yang mendukung peran ganda dosen perempuan. Sebanyak 33,8% (48 responden) mengharapkan adanya ruangan khusus bagi dosen perempuan seperti tempat istirahat siang, pojok laktasi dan daycare. 27,5% (39 responden) mengharapkan adanya peningkatan fasilitas belajar mengajar seperti buku referensi, LCD, komputer dan printer. Sebanyak 19,7% (28 responden) mengharapkan adanya penambahan prasarana fisik seperti ruang kelas, laboratorium, mushollah dan tempat parkir. 12,0% (17 responden) mengharapkan adanya fasilitas kenyamanan ruang kerja seperti AC, kipas angin, lemari arsip dan locker). Dan 7,0% (10 responden) mengharapkan fasilitas-fasilitas lain seperti kesesuaian biaya operasional saat bertugas di lapangan.
References
Karniawati, N. (2013) Kinerja Dosen Perempuan : Studi Relasi Gender di Unikom. Jurnal Ilmiah Ilmu Politik dan Konumikasi, 1(1), 11-12.
McMunn, A. (2006). Life course social roles and women’s health in mid-life : causation or selection? Journal of Epidemiology & Community Health, 60(6), 484-489. https : //doi.org/10.1136/jech.2005.042473.
Ndraha, T. (1990). Pembangunan Masyarakat. Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas. Penerbit : Rineka Cipta. Jakarta.
Onong, U. (2001). Dinamika Komunikasi. Penerbit : Reamaja Rosdakarya. Bandung.
Rosita, S. (2014). Pengaruh konflik Peran Ganda dan Stress Kerja terhadap Kinerja Dosen Wanita di Fakultas Ekonomi Universitas Jambi.Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2).
Supriyanto, A.S. dan Machfudz, M. 2010, Metodologi Riset Manajemen Sumberdaya Manusia, UIN-Maliki Press, Malang.
Sutrisno, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit : Kencana Prenada Media Berat. Jakarta.
Syafrina, N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan pada PT. Aspacindo Kedaton Motor Kandis Kabupaten Siak. Jurnal Benefita, 3(3), 455-468.Soedjatmoko, 1986. Wanita, Budaya dan Ekonomi, Sosial, Rajawali Pers, Jakarta.
Tewal, B., & Tewal, F.B., (2014).Pengaruh Konflik Peran Terhadap Kinerja Wanita Karir pada Universitas Sam Ratulangi Manado.Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1).
Zain, I (2018). Peran Work-Family Balance dan Kualitas Pengasuhan Terhadap Subjective Well-Being Pada Ibu Bekerja dengan Sistem Shift. Tesis Program Magister Psikologi. Fakultas Psikologi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id