Evaluasi Program Praktek Dunia Kerja Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo Tahun Akademik 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i1.3010Keywords:
Evaluasi Program, PDK, CIPPAbstract
Penelitian Evaluasi Program Praktik Kerja Dunia (PDK) Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo Tahun Akademik 2018/2019 bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan PDK dengan pendekatan model CIPP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Penelitian ini ditunjukkan untuk mengevaluasi program Praktik Kerja Tahun Akademik (2018/2019) yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo (FTKOM UNCP) dengan model evaluasi CIPP. Penelitian ini dilakukan di FTKOM UNCP dan di 65 lokasi implementasi PDK. Penelitian ini dilakukan sepanjang Februari hingga April 2019. Hasil penelitian menunjukkan: 1) dari segi konteks, pelaksanaan PDK telah berjalan sesuai dengan tujuan dan visi dan misi pendidikan tinggi (universitas, fakultas dan program studi ), 2) dalam hal input; PDK telah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum dan prosedur yang telah ditentukan, pengelola telah mengelola PDK dengan baik karena didukung oleh sarana dan prasarana serta anggaran yang memadai, dan mahasiswa yang menjadi peserta telah memenuhi persyaratan pelaksanaan PDK, 3) dari proses, kerja sama yang baik antara institusi dan tempat PDK berjalan dengan baik sehingga implementasi PDK berjalan dengan baik dan pelaksanaan PDK tepat waktu, 4) dalam hal produk, ada peningkatan dalam kognisi, afeksi dan psikomotor siswa setelah menerapkan tujuan PDK dan nilai mahasiswa rata-rata baik.
References
Arikunto, Suharsimi & Safruddin, Cepi, Abdul Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi & Abdul Jabar. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Brinkerhoff, R.O., et.al, (1983). Program evaluation: A practitioner‟s guide
for trainers and educators. Western Michigan: Kluwer-Nijhoff.
Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Gronlund, N. E., & Robert, L. L. (1990). Measurement and evaluation in
teaching (6th ed.). New York: Macmillan
Kamil, Mustofa. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Tayibnapis, Farida Yusuf. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Widoyoko, Eko Putro. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zahir, A. (2016). Pengembangan Karakter Mahasiswa Melalui Praktek Dunia Kerja. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo 2016 (p. 627-636). Palopo: UNCP Press.
Sumber Jurnal
Mahmudi,Ihwan. (2011). “CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan”. Jurnal At-Ta’dib. Vol. 6 (1)
Mohebbia, Nooshin.Akhlaghib,Faezeh.Yarmohammadianc ,Mohammad Hossein. Khoshgamd ,Masumeh. (2011). “Application of CIPP model for evaluating the medical records education course at master of science level at Iranian medical sciences universities”. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol.15, hal : 3286–3290 Owen, John M. 1993. Program Evaluasi: Forms and Approaches. St. Leonards: Allen & Unwin Pty Ltd.
Mutrofin. (2010). Evaluasi Program Teks Pilihan untuk Pemula. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Phattharayuttawat, dkk. (2009). “An evaluation of the curriculum of a graduate programme in clinical psychology”. Journal of Medical Educatio. Vol. 3 no. 1.
Sukajaya, I Nyoman. (2010). “Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi di Jenjang SMAN di Kota Singaraja”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 43 (1) : hlm 1 - 72
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id