Intervensi Pemerintah Terhadap Pendidikan Masyarakat Putus Sekolah Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v7i1.2614Keywords:
Intervensi, Pemerintah dan PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perubahan sosial pada masyarakat Tanete Riaja Kabupaten Barru interaksi yang terjadi Pemerintah dan Masyarakat untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sehingga adanya anak yang tak mampu sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan adapun lokasi penelitian yaitu di Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Teknik pengambilan sampling yaitu dengan cara menentukan karakteristik sendiri (purposive sampling) dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu yang menjadi bentuk perubahan sosial di Kecamatan Tanete Riaja adalah Perubahan secara perlahan yang membawa pengaruh secara langsung berarti masyarakat di Kecamatan Tanete Riaja ini bisa dikatakan sudah memasuki tingkat pendidikan yang berkemajuan karena berkat adanya bantuan pemerintah baik melalui secara informal maupun secara non formal adapun bantuan Pemerintah yaitu seperti bantuan beasiswa bagi mereka yang kurang mampu dan beasiswa bagi yang berprestasi dan bantuan lainnya seperti buku.
References
Creswell, John.W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Darmayanti. (2005) Studi Jangka Panjang Tentang Efektivitas Intervensi Psikologis Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh, Jakarta: Universitas Indonesia.
Eko Hardi Ansyah dan Effy Wardati Maryam, (2016). Efektivitas Intervensi Milieu dan Komunitas Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Panti Asuhan Aisyiyah Celep-Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Firdaus Andrew S.P (2015). Intervensi Terhadap Kedaulatan Suatu Negara Menurut Hukum Internasional. Purwokerto.
H. Hasan Baharun (2012). Desentralisasi dan Implikasinya terhadap pengembangan sitem pendidikan sosial. 1(2). Ilmu Tarbiyah At-Tajdid
Isbandi Rukminto Adi. (2013: 211) Intervensi Komunitas & Pengembangan Masyarakat: Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
John W. Creswell (2014). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Yogyakarta Pustaka Pelajar
Munandar Aris (2011). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nasional Jakarta
Naszir dkk. (2009). Teori-Teori Sosiologi. Bandung: Refika Medika.
Ritzer, George (2012) Teori Sosiologi, Bantul : Kreasi Wacana.
Prof. Dr. Soekanto Soerjono dan Dra. Sulistyowati Budi, M.A.(2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun.(2018). Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Prodi Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id