Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Pembelajaran IPS Study Kasus Sma Negeri 6 Takalar
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2585Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan demokrasi pada mata pelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar (2) Untuk mengetahui apakah faktor-faktor penghambat pada implementasi pendidikan demokrasi dalam proses pembelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar dan (3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung pada implementasi pendidikan demokrasi dalam proses pembelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Takalar.Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer berupa hasil wawancara dan sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 6 Takalar. Sampel penelitian ini yaitu kelas X IPS1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Implementasi Pendidikan Demokrasi Pada Mata Pelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar sudah terimplementasikan dengan baik dengan nilai-nilai demokrasi yang ditanamkan yaitu toleransi, kerjasama, kebebasan berpendapat, kebebasan berpartisipasi, kebebasan berkelompok, menghormati orang lain, kepercayaan diri dan kesadaran akan perbedaan yang dilaksanakan melalui metode diskusi, ceramah, tanya jawab, Dan penugasan, (2) Faktor-Faktor Pendukung Pada Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar yaitu Sarana dan Prasarana pendukung yang dimanfaatkan guru antara lain LCD, Laptop, dan beberapa buku referensi pendukung menjadi faktor penunjang keberhasilan proses pembelajaran, dan (3) Faktor-Faktor Penghambat Pada Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran IPS di SMA Negeri 6 Takalar yaitu Perbedaan individual, perbedaan kemampuan antar siswa menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan, karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda.
Kata kunci : Pendidikan Demokrasi, Mata Pelajaran IPS
References
Amas Mahmud. 2011. Narasi Demokrasi. Yogyakarta: Mata Padi Persindo.
Berti Damayanti. 2016. Implementasi Pendidikan Demokrasi Dalam Mata Pelajaran IPS Di SMP Diponegoro Majenang Cilacap.
Lincoln,A.2003.Pengertian Demokrasi. Di akses di (http://phicumbritz.blogspot.com/2010/06/pengertian‐demokrasi‐menurutpara‐ahli.html)
Miriam Budiarjo. 1980. Masalah Kenegaraan. Jakarta: Gramedia.
Nungki Dwi Abshita Rini. 2017. Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Pupuh Faturahman. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Rini Yuliana. 2013. Implementasi Nilai – Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Gringsing Batang.Skripsi.Jurusan Politik dan Kewarganegaraan.Fakultas Ilmu Sosial.Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Sunarso, dkk.2008. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press.
Supardi. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak.
Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Tim Abdi Guru. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan SMP kelas VII. Erlangga: Jakarta.
Tonny D. Widiastono.2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Winarno. 2017. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.
Zamroni. 2001. Pendidikan untuk Demokrasi. Yogyakarta: Bigraf Pubiishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id