Sinkronisasi Bakat dan Cita-Cita Mahasiswa Angkatan 2016 dalam Memilih Jurusan di Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i1.1776Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemetaan bakat dan pengidentifikasian cita-cita mahasiswa Fakultas Sastra angkatan 2016 yang terdiri dari 6 jurusan yaitu jurusan Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Ilmu Komunikasi. Metode kuantitatif dengan pendekatan survey digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62.97% mahasiswa angkatan 2016 memilih jurusan berdasarkan kesesuaian antara bakat dan minatnya, dan 26.39% mahasiswa pada angkatan 2016 pada Fakultas Sastra memilih jurusan tidak disesuaikan antara bakat dan minatnya. Terakhir, terdapat 10.64% mahasiswa angkatan 2016 yang mengalami kebingungan karena tidak memiliki cita-cita.
References
Basleman, A., dan Mappa, S. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Bilz, J. (2008). Job Satisfaction and Teacher Career Stages. Unpublished PhD Dissertation, United Stated Code, Walden University.
Badan Pusat Statistik. (2013). Tingkat Pengangguran Terbuka. Retrieved 20-02, 2017, from https://www.bps.go.id/dataset.
Badan Pusat Statistik. (2014). Tingkat Pengangguran Terbuka. Retrieved 20-02, 2017, from https://www.bps.go.id/dataset.
Badan Pusat Statistik. (2015). Tingkat Pengangguran Terbuka. Retrieved 20-02, 2017, from https://www.bps.go.id/dataset.
Badan Pusat Statistik. (2016). Tingkat Pengangguran Terbuka. Retrieved 20-02, 2017, from https://www.bps.go.id/dataset.
Bratton, J., dan Gold, J. (2000). Human Resource Management: Theory and practice. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Craig, J. B. (2008). The Relationship Between the Emotional Intelligence of the Principal and Teacher Job Satisfaction. Unpublished Dissertation, United Stated Code, University of Pennsylvania.
Cranton, P. (2006). Understanding and promoting transformative learning: a guide for educators of Adults (2nd ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Guskey, T. R. (2000). Evaluating Professional Development. Thousand Oaks, California: Corwin Press Incorporated.
Joyce, B., dan Showers, B. (2002). Student Achievement through Staff Development Fundamentals of School Renewal (3rd ed.). USA: Longman, Inc.
Lucy, Bunda. 2010. Mendidik Sesuai Minat dan Bakat Anak (Painting Your Children’s Future). Jakarta: PT. Tangga Pustaka.
McClelland, D. (1961). The Achieving Society. Princeton, New Jersey, Toronto, New York: D. Van Nostrand Company, Inc.
Morissan. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Prenada Media.
Seifert, K., dan Sutton, R. (2009). Educational Psychology (2nd ed.). Zurich, Switzerland: The Global Text Project.
Tilaar, H. A. R. (2004). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional (dalam Perspektif abad 21). Magelang; Tera Indonesia.
Wijanarko, Jarot. 2012. Multiple Intelligences Anak Cerdas. Banten: PT. Happy Holy Kids.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id