Pengembangan Materi Akhlak untuk Generasi Z di MAN 1 Ketapang
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i3.16586Keywords:
Akhlak, Generasi Z, Pendidikan Karakter, Era Digital, Literasi DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan materi akhlak yang relevan dengan kebutuhan Generasi Z, khususnya dalam menghadapi tantangan moral di era teknologi digital. Teknologi digital menghadirkan peluang dan tantangan baru bagi siswa, seperti akses informasi tanpa batas, media sosial, dan pola interaksi virtual. Hal ini menuntut pembelajaran akhlak yang dapat membimbing siswa menjadi pengguna teknologi yang bijak dan bertanggung jawab.Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif, melibatkan observasi, wawancara, dan evaluasi untuk memahami kebutuhan siswa di MAN 1 Ketapang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan materi akhlak berbasis pendidikan karakter meliputi lima tahap utama: analisis kebutuhan, penyusunan kurikulum berbasis teknologi, pengembangan materi yang relevan, implementasi pembelajaran, dan evaluasi dampaknya. Materi dirancang untuk membangun kesadaran siswa terhadap penggunaan teknologi yang positif, seperti memanfaatkan media sosial untuk kebaikan, menghindari penyebaran informasi palsu (hoaks), dan mencegah perilaku negatif seperti perundungan siber (cyberbullying).Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang pentingnya etika digital, empati dalam komunikasi online, serta integritas dalam memanfaatkan teknologi. Peran guru sebagai fasilitator sangat penting dalam membimbing siswa menjadi generasi yang bermoral, adaptif, dan bijaksana di tengah perkembangan teknologi. Penelitian ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai akhlak dengan literasi digital sebagai pendekatan strategis dalam pembelajaran di era digitalReferences
Aditya, O. (2020). PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI AKIDAH AKHLAK
HUBUNGANNYA
DENGAN PERILAKU MEREKA SEHARI-HARI. Matriks: Jurnal Sosial Dan Sains, 2(1), 40–57.
Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N.,
Himawan,
I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.
Azis, A. (2020). Kesalehan Sosial dalam Bermasyarakat Islam Modern. Jurnal Mathlaul Fattah : Jurnal
Pendidikan Dan Studi Islam, 11(1), 54–70.
http://www.stitdaarulfatah.ac.id/journal/index.php/jmf/article/view/24
Basari, I., Al-ghazal, S., & Sobarna, A. (n.d.). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bidayatul Hidayah
dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas XI Madrasah Aliyah. Bandung
Conference Series: Islamic Education, 745–749.
Damsy, Y. J., Supriadi, & Rivaei, W. (2020). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Sikap dan
Perilaku Menyimpang Anak. FKIP Universitas Tanjungpura, 1(1), 1–11.
Daulai, A. F. (2017). TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN ISLAM. 7(2), 93–103.
file:///C:/Users/User/Downloads/6704-13749-1-PB-1.pdf
Faradiba, D. G., & Budiningsih, C. A. (2020). Pengembangan media komik berbasis pendidikan
karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan,
(2), 196–204.
Farazdaq Az-zahra. (2023). Integrasi Islam Dan Sains Serta ImplikasinyaDalam Teknologi Pendidikan.
Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 5, 86–88.
Hakim, A. R., & Sitorus, N. I. K. (2023). Menumbuhkan Sikap Dermawan Pada Peserta Didik Di
Lingkungan Sekolah. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(3), 183–189.
https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.226
Hapsari Wijayanti, S., Sihotang, K., Emmily Dirgantara, V., & Maytriyanti. (2022). Bentuk-Bentuk Etika
Bermedia Sosial Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 16(2), 129–146.
https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss2.art3
Hasan, S., & Hidayati, L. (2023). Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal
Pendidikan Islam Nusantara, 02(01), 74–93.
Kamalia, D. N., & Hidayah, F. (2022). KONTEKSTUALISASI NILAI-NILAI AKIDAH DAN AKHLAK DALAM
NOVEL DIARY UNGU RUMAYSHA KARYA NISAUL KAMILAH TERHADAP MATERI AKIDAH
AKHLAK MADRASAH ALIYAH. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 6(1).
Kholipia, R. S., Sobarna, A., & Aziz, H. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Make A Match pada Materi Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Yuppi. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 243–248.
Lismijar. (2019). Pembinaan sikap ikhlas menurut pendidikan islam. Jurnal Intelektual, 5(2), 83–
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/proceeding/article/view/3754
Majid, M. F. A. F. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengaktualisasikan Sikap Toleransi Pada
Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 67–80.
Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab
Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5),
–3071. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1229
Mulyani, S., & Subandi, A. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Melalui Group Whasapp
Reminder Berkala Dengan Metode Ceramah Terhadap Pemberian Asi Eksklusif Pada Ibu Pasca
Seksio Sesarea. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2),
–203. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11607
Nur ‘Afiatus Sa’adah, Udin, T., Jaelani, A., & Muhafidin. (2022). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak
dalamFilm Serial Animasi Riko The Series dan Relevansinya Terhadap Materi Pelajaran Akidah
Akhlak di MI.JURNAL LENSA PENDAS, 7(1).
Pahrul, M., Azharullail, & Suparman. (2023). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NW SAJANG. Tabiat Nahdlah:
Jurnal
Pendidikan, Sosial, Dan Dakwah, 1(1), 13–17.
Pratiwi, T. (2018). Konsep Kehormatan Manusia dalam al-Qur’an dan Relevansinya dengan
Kehidupan Masyarakat Modern (Studi Tafsir Tematik). Thesis, 1–87.
Rahayu, E. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO
VISUAL SISWA KELAS VI MI NU 50 MLATIHARJO. 2(2), 690–700.
Rohman, F. T. (2022). Kekuatan Ikhlas Dalam Menggapai Sikap Toleransi. Spiritual Healing : Jurnal
Tasawuf Dan Psikoterapi, 2(2), 98–103. https://doi.org/10.19109/sh.v2i2.11643
Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Konsep Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam. Cross-Border, 4(2), 390–398
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id