Efek Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (Steam) Terhadap Kemampuan Kognitif dan Prestasi Peserta Didik di SMP N 13 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i3.15714Keywords:
Pembalajaran STEAM, Kemampuan Kognitif, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efek pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM terhadap kemampuan kognitif dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method research) yang menggabungkan penelitian tindakan kelas (action research) dan penelitian eksperiment (experiment research). Pada penelitian ini yang menjadi subjek yaitu peserta didik dengan jumlah 24, dan untuk populasi dalam penelitian ini yaitu 45 yang terbagi ke dalam kelas eksperiment dan kelas kontrol. Pada kelas eksperiment berjumlah 19 peserta didik, dan untuk kelas kontrol berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan test pada kelas PTK, dan untuk kelas eksperiment dan kelas kontrol menggunakan test prestasi belajar. Analisi data dalam PTK dengan menggunakan presentase yang menggambarkan adanya peningkatan kemampuan kognitif peserta didik, dan untuk kelas eksperiment dan kelas kontrol menggunaka uji t tet. Simpulan dalam penelitian ini yaitu pertama pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM dapat meningkatkan kognitif peserta didik yang dibuktikan adanya peningkatan di setiap siklusnya. Kedua pembelajaran dengan pendekatan STEAM dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik, dengan Ho ditolak dan Ha diterima. Ketiga pembelajaran dengan pendekatan STEAM efektif untuk meningkatkan kognitif dan prestasi belajar.References
Akbar, F., Waluya, B., & Susilo, B. E. (2023). … REPRESENTASI MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PENDEKATAN STEAM DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Euclid. https://ejournalugj.com/index.php/Euclid/article/view/9222
Asih, B. A., Parwati, D. R., & Susilo, B. E. (2024). Literature Review: The Effect of STEAM-Based Learning on Students’ Mathematical Learning Outcomes. PRISMA, Prosiding …. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3004
Audiana, M., & Rusnilawati, R. (2024). Pendekatan STEAM dengan Model Inquiry Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah …. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7423
Dewi, A. W. T., Wulandari, I., & ... (2022). Instrument evaluation based on steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) for fifth grade. Journal of Innovation …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIL/article/view/44997
Fadhila, S., Awalia, S. N. F., & ... (2022). Inovasi pendidikan digital di era pandemi. Prosiding Amal Insani …. http://prosiding.amalinsani.org/index.php/semnas/article/view/16
Fadillah, Z. I. (2024). Pentingnya Pendidikan STEM (Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika) di Abad-21. JSE Journal Sains and Education. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jse/article/download/317/168
Fatimah, S., Suriati, S., & Usman, A. (2022). Pengelompokkan Tingkat Pemahaman Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Berbasis STEAM Menggunakan Metode X-Means Clustering. Explorer. https://journal.fkpt.org/index.php/Explorer/article/view/139
Hasibuan, R. H., Awaliyah, R., & ... (2023). Pendampingan Komunitas Guru PAUD dalam Merancang Capaian Pembelajaran Berbasis Muatan Literasi dan STEAM. … Inovasi Penelitian Dan …. https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIPPMas/article/view/270
Hasnawati, H., Anggraini, D., & ... (2024). Analisis Buku Tematik Siswa SD Muatan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Ditinjau dari Unsur STEAM. Attadib: Journal of …. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/2702
Januardi, A., & Susiaty, U. D. (2023). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa dengan Pendekatan STEAM pada Open Class Materi Pola Bilangan. Juwara Jurnal Wawasan Dan …. https://pdfs.semanticscholar.org/09cb/8360fcdcb5608a1c91cb2cd1c10ea24d6785.pdf
Jelita, J., & Mazlan, M. (2023). The Effectiveness of the Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics, and Religious (STEAM. R) Approach on Students’ Concept Understanding in Science …. … , Pengajaran Dan Pembelajaran. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/8303
Jumarniati, J. (2023). Pembelajaran STEAM dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu. https://www.pusdig.my.id/pelita/article/view/315
JUWITA, R. (2022). Best Practice Membangun Keterampilan Proses Sains Melalui Model Project Based Learning Pendekatan Steam Materi Asam Basa Kelas Xi Ipa Sman 1 Bontang. … Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://www.jurnalp4i.com/index.php/learning/article/view/1581
Kho, R., Tyas, D., & Doo, K. (2022). Pembelajaran Berbasis Steam Bagi Guru-Guru SD Negeri Emereuw Kota Jayapura. Abdi Masyarakat. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/PB/article/view/4019
Kurniawan, I., Abdillah, R., & ... (2021). Sosialisasi Penerapan Metode Pembelajaran Steam Pada Kurikulum K-13. Indonesian Journal Of …. http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/141
Lubis, E., & Rahmania, S. (2022). The Effectiveness of STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math) to Improve Students’ Achievement in Electrochemistry. … : Chemistry Education Journal. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/Lavoisier/article/view/6733
Marta, R., Surya, Y. F., Viora, D., Sumianto, S., & ... (2024). Pelatihan Penggunaan Pendekatan STEAM Berbasis Proyek pada Pembelajaran Matematika di SDN 192 Pekanbaru. Dedikasi: Jurnal …. https://dedikasi.net/index.php/dedikasi/article/view/68
Maulana, B. S., Elfitria, L. S., Maftukhah, L., Islami, S. N., & ... (2022). Pengintegrasian STEAM pada Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa dalam Materi Geometri. Jurnal …. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/majemuk/article/view/459
Mulder, W., Khoiri, N., & Hayat, M. S. (2023). … media pembelajaran IPA berbasis web dengan pendekatan STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik: The validity of web-based science …. Practice of The Science of …. http://jurnal.hafecs.id/index.php/hafecspost/article/view/31
Musyafiatun, M., & Hayat, M. S. (2022). Potensi Penerapan STEAM dalam Pembelajaran Pencemaran Lingkungan. Jurnal Kualita Pendidikan. http://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/155
Pahmi, S., Juandi, D., & Sugiarni, R. (2022). The effect of STEAM in mathematics learning on 21st century skills: A systematic literature reviews. Prisma. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/2039
Permana, I. S., Matsum, J. H., & ... (2024). Analisis Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 …. … (TEACHER) e-ISSN …. https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/teacher/article/view/3143
Purwaningsih, P., Munawar, M., & ... (2022). Analisis Pembelajaran Lingkungan Sosial Berbasis STEAM pada Anak Usia Dini. … Jurnal Pendidikan Anak …. https://www.murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/68
Riawati, E., Rosadi, K. I., & ... (2022). Penerapan Pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak Usia Dini. Journal of Educational …. https://journal.centrism.or.id/index.php/jer/article/view/141
Roshayanti, F., Wijayanti, A., Purnamasari, V., & ... (2022). Analysis of Understanding and Readiness of Elementary School Teachers on the Implementation of the STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics …. … Social Sciences. https://knepublishing.com/index.php/KnE-Social/article/view/11960
Safitri, N. A. (n.d.). The STEAM approach to Improve 21st Century Skills in Elementary Schools. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/65493
Shabrina, S. Z., & Sholihah, H. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar. EduCurio: Education Curiosity. http://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/126
Sriyanto, S. (2021). Pengembangan supervisi berbasis STEM untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Action Research Journal. http://journal.kualitama.com/index.php/arj/article/view/174
Sudiasa, I. B. P. (2022). … Dalam Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan STEAM Saat Melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan …. Jurnal Nalar: Pendidikan Dan Pembelajaran. https://ejournal.fublin.id/index.php/jnalar/article/view/24
Susilowati, A. A., Wahyuni, T., & ... (2022). Aktivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi dengan Pendekatan STEAM: Pemanfaatan Wrapper dalam Mendesain Artificial Flower berdasarkan Konsep …. Ebook CGANT …. http://ebook-cgantunej.or.id/index.php/cgant/article/view/19
Tabiin, A. (2020). Implementation of steam method (science, technology, engineering, arts and mathematics) for early childhood developing in kindergarten mutiara paradise …. Early Childhood Research Journal (ECRJ). https://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj/article/view/9903
Wastiani, R., Taufiq, M., & Wijaya, A. B. (2023). Pengaruh Pendekatan Steam Berbasis Project based learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa SMP …. Jurnal Konatif …. http://jurnalkonatif.labschoolcibubur.id/index.php/JKJIP/article/view/10
Wiarta, I. W. (2023). STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS) APPROACH BASED ON PERFORMANCE ASSESSMENT OPTIMIZING HIGHER …. Synesis (ISSN 1984-6754). https://seer.ucp.br/seer/index.php/synesis/article/view/2667
Yulia, D. C., Rahmawati, Y., & ... (2024). Pendekatan STEAM-PjBL untuk Mengembangkan Scientific Creativity Siswa Kelas V Pada Topik Ekosistem dan Magnet. Cetta: Jurnal Ilmu …. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/3416
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id