Eksistensi Gerakan Muhammadiyah dalam Pendidikan di Era Modernisasi (Studi Kasus MI Muhammadiyah Pallatabbua, MTs Muhammadiyah Mandalle, MA Muhammadiyah Limbung)
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v5i2.1049Abstract
Abstract. The main problem in this research is Muhammadiyah in education. The purpose of this research is (i) To know the implementation of the Muhammadiyah movement in education in the era of modernization. (ii) To know the dynamics of the Muhammadiyah movement in education in the era of modernization. The type of research conducted is descriptive qualitative research aimed at understanding social reality. The informant is determined by purposive sampling, based on the characteristic of the informant that has been determined. The results of this study indicate that (i) the implementation of the Muhammadiyah movement is PK TM I and PK TM 2 which aim to have students siddiq, tabligh, amanah, fathonah and Hisbul Wathan (HW) activities to prepare and nurture children, adolescents and youth so have aqidah, mental and physical, knowledgeable and technologically and morals karimah. (ii) the dynamics of the Muhammadiyah movement: the issuance of the Letter of the 3 Ministers which made Madrasah education strong enough to be in line with the public schools, the decentralization of education which gave full rights to the regions, the application of ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Arabic) curriculum and the development of student character, teachers and employees in the ISMUBA.
Keywords: Existence, Muhammadiyah Movement, Education.
References
Anggani Sudono, (2001). Mengembangkan Kesadaran Masyarakat; Berpartisipasi Meningkatkan Pendidikan Anak Bangsa, Dalam Membangun Masyarakat Pendidikan, Bahan Bacaan Inservice Training BP-3 MI & MTs, INSEP bekerja sama dengan BEP Depag Jakarta,
Azra, Azyumardi. (1999). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millennium Baru. Jakarta : logos wacana ilmu
Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah. 2005. Profil Muhammadiyah
Anshoriy, N. (2010). Matahari Pembaharuan: Rekam Jejak KH Ahmad Dahlan. Yogyakarta: Galangpress.
Al-Hilali, Syaikh Salim Bin „Ied. (2006). Syarah Riyadhush Shalihin 1. Jakarta:
Anshoriy, N. (2010). Matahari Pembaharuan: Rekam Jejak KH Ahmad Dahlan. Yogyakarta: Galangpress.
Arif, M. (2008). Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LkiS
Arifin. (2008). Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.
Bugin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Sosial: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Burhanudin Jajat dan Afrianty Dina. (2006), Mencetak Muslim Modern. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Depag RI dan PPIM, (1998). menteri-menteri agama RI, biografi social politik, Jakarta, INIS, PPIM dan Balitbang Depag,
Daulay, Haidar Putra. (2009). Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamas, Nurhayati. (2009). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pasca Kemerdekaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fathoni, Abdurrahmat. (2006). Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdan. (2009). Paradigma Pendidikan Muhammadiyah. Yogyakarta: Ar-Ruz Media. Jakarta: Pustaka Imam As-Syafi‟i.
Ibrahim Musa, (2000). Otonomi Penyelenggaraan Pendidikan Dasar dan Menengah, Pusat Penelitian Kelembagaan Universitas Terbuka, Jakarta,
Martono, Nanang. (2012). Sosiologi Perubahan Social, Perspektif, Klasik, Modern, Postmodern dan Poskolonial. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.
Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. (2007). Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Jakarta: PP Muhammadiyah,
Nashir, Haedar.(2011). Muhammadiyah Abad Kedua. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id