Pesantren dan Kewirausahaan (Studi terhadap Pesantren Darul Khair Masing Kabupaten Banggai)
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v5i2.1047Abstract
Abstract. Like a pesantren in a rural area with minimal facilities and infrastructure, away from the hustle and bustle of the city, and not burdening the cost of education to santrinya, of course, required a leader figure to initiate entrepreneurship to develop the empowerment of boarding. This study aims to determine the empowerment of pesantren through entrepreneurship developed. This research is qualitative descriptive research with method of data settlement through interview, observation involve, and documentation study. The results show the form of entrepreneurship developed in Pesantren Darul Khair Each in the form of carpentry business, cattle farming, plantation, rice fields and pesantren co-operatives. All business assets and business results to the foundation periodically every month. Allotment is used for the financial costs of boarding schools such as the cost of building and dormitory, electricity payment, air taps, telephone every month, the welfare of its managers such as teacher salaries, the cost of education of three teachers in Java, assisting extracurricular activities of santri and daily consumption of santri hostel.
Keywords: economy, entrepreneurship, pesantren.
References
Azis, Moh. Ali. 2005. “Pesantren dan Pengembangan Ekonomi Umat” dalam A. Halim, Rr. Suhartini, M. Choirul Arif. A. Sunaryo AS (Eds). Manajemen Pesantren. Jogjakarta: LKiS.
Azra, Asyumaridi. 1999. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta: Logis Wacana Ilmu.
Boulding, Keneth E. 1970 . Beyon Economics, Essay On Society, Religion and Ethics. Ann Arbor: The University of Michigan.
Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kuantitatif. Kencana, Jakarta.
Effendi, Djohan. 2010. Pembaruan Tanpa Membongkar Tradisi. Wacana Keagamaan di Kalangan Generasi Muda NU Masa Kepemimpinan Gusdur. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Hurairah, 2008.Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat. Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Bandung Humaniara.
Juhardi, AS. 2009. “Pengembangan Ekonomi Pesantren. Kasus PP. Al-Kautsar Tenaya Raya Pekanbaru Riau” dalam Jurnal Edukasi Vol. VII, No. 1 Januari-Maret.
Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah. 2016. Data Emis Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah.
Kementerian Agama Republik Indonesia. Online. https://www.kemenag.go.id/-berita/438414/-kemenag-susun-roadmap-pengembangan. Diakses 7 April 2017.
Khotibul Umam.2016. Pendidikan Kewirausahaan di Pesantren Sebagai Upaya Dalam Membangun Semangat Para Santri Untuk Berwirausaha.-http://ejournal.staim-tulungaung.ac.id/indekx/php/Eksyar. Diakses tanggal 1 Maret 2016.
Khusnurridho M dan Masyhud, M. Sulthon. 2003. Manajemen Pondok Pesantren Cet. I. Jakarta: Diva Pustaka.
Lukman, Hakim. 2004. Perlawanan Islam Kultural. Surabaya: Pustaka Eureka.
Madjid, Nurcholis. 1998. Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Dian Rakyat.
Muin, M. (dkk). 2007. Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren. Jakarta: CV. Prasasti.
Nadzir. 2015. “Membangun Pemberdayaan Ekonomi di Pesantren” dalam E-conomica, Vol.VI Edisi 1 Mei. Semarang: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam IAIN Wali Songo.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia (PMA) Nomor 13 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Islam.
Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007, tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.
Prajono, O.S. dan Pranarka, A.M.W.1996. Pemberdayaan, Konsep, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: CSIS.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suharto, Edi.2005. Membangun Masyarakat, Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT. Refika Aditama.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id