Islam dan Nasionalisme: Pandangan Pembaru Pendidikan Islam Tentang Nasionalisme (Kasus Ahmad Dahlan dan Abdul Wahab Khasbullah)
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v5i2.1046Abstract
Abstract. Until this day, the dichotomy between “Islam” and “Nationalist” is still realized. The dichotomy makes the moslems not safe on their social communities, especially with the other religions in Indonesia. Finally, that dichotomy makes one big question, “Is Islam not nationalist?” This article tries answered “Islam is not nationalist?” by looking back on the history of two founding fathers of the islamic education and nation heroes. They are Ahmad Dahlan and Abdulwahab Khasbullah, the founders of two the biggest Islamic organization in Indonesa, Muhammadiyah and Nahdlatul Ulama (NU). By studying about two founder of islamic education in the colonalism era or before the independence of Indonesia, we can answered and explain the question above. The purpose of this article is to proofing that the islamic leader, Ahmad Dahlan and Abdulwahab Khasbullah are nationalist.
Keywords: Pembaharu Pendidikan Islam, Nasionalisme, Ahmad Dahlan, Abdulwahab Khasbullah.
References
Alfian, (1994) Muhammadiyah; The Political of Moslem Modernst Organization Under Dutch Colonialism. Yogyakarta; Gajah Mada Press
Amin, Mayhur.(1996) NU dan Ijtihad Politik Kenegaraannya . Yogyakarta; AL-Amin.
Anam, Choirul. (1985) Pertumbuhan dan Perkembangan Nahdlatul Ulama .Sala; Jatayu
Azra, Azyumardi,(1998) Jaringan Ulama: Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara abad XVII dan XVIII, Bandung: Mizan.
_______________, (2003) Surau; Pendidikan Islam: Tradisionalis dalam Transisi dan Modernisasi Jakarta; Logos Wacana Ilmu
_______________, (2002) Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru . Jakarta; Logos.
Bruinssen, Martin Van;(1994) NU, Tradisi, Relasi Kuasa, Pencarian Makna Baru . Yogyakarta; LkiS.
Daulay, Haidar Putra, (2001) Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah .Yogyakarta: Taiara Wacana.
Daya, Burhanudin. (1995) Gerakan Pembaharuan Pemikiran Islam; Kasus Sumatera Thawalib .Yogyakarta; Tiara Wacana.
Dhofier, Zamakhsayarie, (1997) Tradisi Pesantren; Studi tentang Pandangan Hidup Kyai . Jakarta; LP3ES.
___________________. (1992) “Sekolah Al-Quran dan Pendidikan Al-Quran di Indonesia” Dalam Ulumul Qur’an Volume III, No.4.Th. 1992.
Fealey, Greg.(ed) (1997) Tradisionalisme Radikal: Persinggungan Nahdlatul Ulama dan Negara. Yogyakarta: LKiS
“Hasyim Akhirnya Pilih Mega” di Republika, No.119 tahun ke 12, Jumat, 7 Mei 2004)
Geertz, Clifford, (1976) The Religion of Java .Chicago; University of Chicago Press
Halim, Abdul. Sejarah Perjuangan Kiai Wahab Khasbullah (Bandung; PT Baru,tt)
Ismail, Faisal, (2002) Islamic Tradisionalism in Indonesia; A Study of Nahdlatul Ulama. Jakarta, Litbang Depag
Jainuri, Achmad. (2002) Ideologi Kaum Reformis; Melacak Pandangan Keagamaan Muhammadiyah Periode Awal. Surabaya; LPAM.
Lubis, Arbiyah. (1995) Pemikiran Muhammadiyah dan Muhammad Abduh Jakarta; Bulan Bintang.
Ma’arif, Ahmad Syafii.(1985) “Islam dan Masalah Kenegaraan: Studi Tentang Percaturan dalam Konstituante” Jakarta; LP3ES, 1985
Maksum, (1999) Madrasah Sejarah dan Perkembangannya . Jakarta; Logos.
Morgan, Kenneth W(ed) (1985) Islam the Straight Path; Islam Interpreted by Muslim . New York; The Ronald Press.
Mulkhan, Abdul Munir. (1990) Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah dalam Perspektif Perubahan Sosial Jakarta; Bumi Aksara
___________________. (2003) Nyufi Cara Baru; Kiai Ahmad Dahlan dan Petani Modernis. Jakarta; Serambi Ilmu Semesta.
Noer, Deliar. (1996) Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942. Jakarta; LP3ES.
Rahardjo, Dawam. (1999) Intelektual Intelegensia dan Perilaku Politik Bangsa; Risalah Cendekiawan Muslim . Bandung; Mizan.
Saiman, Weinata. (1995) Gerakan Pembaruan Muhammadiyah . Jakarta; Pustaka Sinar Harapan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id