METODE PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v7i2.9836Abstract
Abstrak
Bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran di madrasah yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa memiliki keterampilan berbahasa asing.Keterampilan berbicara merupakan salah satu jenis keterampilan yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa modern termasuk bahasa Arab.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Dalam hal ini peneliti melakukan pengkajian dibeberapa artikel yang kurang lebih 4 tahun terakhir ini.Hal tersebut didasarkan pada Sistem Literatur Review.Strategi pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa arab dan guru harus mampu merencanakannya dan melaksanakannya dengan baik.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pentingnya seorang pengajar mengetahui 1)Keterampilan berbicara menggunakan Bahasa arab.2)Metode-metode pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan Bahasa arab.
References
Bimrew Sendekie Belay. “No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים.” הארץ 3, no. 8.5.2017 (2022): 2003–2005.
Hendri, Muspika. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 3, no. 2 (2017): 196.
IPB University. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah IPB University, 2019.
Marlina, Lina. “Efektifitas Metode Langsung Dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.” Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 13, no. 2 (2016): 211–226.
Maspalah, Maspalah. “Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 15, no. 1 (2015): 68.
Nalole, Darwati. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah Al-Kalam) Melalui Metode Muhadatsah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Al Minhaj 1, no. 1 (2018): 129–145.
Nur Maya Badriyatul Jumroh, Indria Hikmatul Maula. “Pengaruh Metode Mubasyaroh Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas Program Unggulan MTs Al-Amiriyyah Blokagung-Banyuwangi.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 2, no. Juli (2022): 49–58.
Strategi, Sebagai, and Pembelajaran Bahasa. “ﺚﺤﺒﻟﺍ ﺺخلﻣ ، ﺎﻣ ﻑﺪه ﻖﻴﻘﺤﺘﻟ ﻢﻠﻌﳌﺍ ﻞﺒﻗ ﻦﻣ ﺏﻼﻄﻠﻟ ﺓﺩﺎﳌﺍ ﻞﻴﺻﻮﺗ ﺏﻮﻠﺳﺄﺑ ﻖﻠﻌﺘﻳ ﺎﻣ ﻞك ﺔﻴﻤﻴﻠﻌﺘﻟﺍ ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮ ﺳﻹﺍ ﺪﻌت ﺔﻴﺠﻴﺗﺍﺮ ﺳﺇ ﻖﻴﺒﻄﺗ ﺓﺮﻜﻓ ﺔﻴﺒﻠﺗ ى ﺇ ى ﺴي ﺚﺤﺒﻟﺍ ﺍﺬه . ﻪﺗﺭﺍﺩﺇﻭ ﻒﺼﻟﺍ ﻂﺒﻀﻟ ﻢﻠﻌﳌﺍ ﺎهﺬﺨﺘﻳ ﺔﻠﻴﺳﻭ ﻞك ﻞﻤﺸتﻭ ﺎ ﺍﺮ ﺒﻌتﻭ ﺎ ﺎحلﻄﺼﻤﺑ ﺔﻴبﺮﻌﻟﺍ ﺔﻐﻠﻟﺍ ﻢﻴﻠﻌت ﺔﻴﻠﻤﻋ ﺺﺋﺎﺼﺧ ﺓﺎﻋﺍﺮ,” no. November 2014 (n.d.).
Sunardi, Sunardi. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Eklektik Permainan Tebak Tepat Pasanganmu (TTP) Pada Siswa Kelas XI IPA-2 MAN Kendal.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 1, no. 1 (2021): 185–206.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: