STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PERMAINAN TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT

Authors

  • Dyah Ayu Kusuma Wardhani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Emiliana Emiliana Universitas Islam Negeri Mataram
  • Sirtufillaily Sirtufillaily Universitas Islam Negeri Mataram
  • Suparmanto Suparmanto Universitas Islam Negeri Mataram https://orcid.org/0000-0002-1719-0766

DOI:

https://doi.org/10.26618/almaraji.v7i2.9417

Abstract

Language was created for man and humanity, so it is very important for people to understand and master Arabic. Language acquisition is one aspect of acculturation and the level of acculturation of a person in certain language groups in acquiring other languages or what is meant by a second language or foreign language as a means of communication So that this two stay two stray method can be used as a method learning for the introduction and cultivation of Arabic from elementary school age

References

Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asifuddin, Ahmad Djanan. 2003. Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya

Edwar M. Anthony, Approach, Method, and technique, dalam Teaching English as a Second Language. (Harold B. Allen, Ed.), McGraw-Hill Book Company, New York, 1965

Hayru nisha.2022. efektifitas penerapan model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 5 barru, makassar.

Hasna qonita khansa. 2016. Strategi pembelajaran bahasa arab, malang: diakses 27 november 2022

Hartono, dkk., PAIKEM, (Jogjakarta: Zunafa Publishing, 2012)

Ihsan Fuad, Dasar-Dasar Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005)

Mahmud Faraj Abdul Hafidh et-all, LIPIA Jakarta

Matsuda, N. (2017). Impact of talker variability on L2 word recognition among Japanese EFL learner. Vocabulary Learning and Instruction. Vol 6, No. 2:8-18, 2017

Nurul Inayah, dkk. Peningkatan Penguasaan Kosakata (Mufrodat) untuk Memahami Wacana Bahasa Arab melalui Media Kartu Bergambar (Bithoqotu Ash-Shuroh) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Gowa.

Riset Finansial Bisnis 1 (Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah), 2017

Rastuti, Puji Hesti, dkk. 2004. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas 5. Klaten: PT. Intan Pariwara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung (2017)

Tidak ada perbedaan minat belajar bahasa Arab peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dari hasil)

Tarigan, Henry Guntur. 2009. PengkajianPragmatik. Bandung: Angkasa. Muhammad. 2011.Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Ulil absor.2015. pembelajaran bahasa arab dengan strategi two stay two stray,gunung kidul: diakses 27 november 2022.

QS. Azzukhruf : 3

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2008 membahas hasil kerja mereka.

Wahyu Kurainun.2018. penerapan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas metode pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas belajar, mataram: diakses 27 november 2022Lingkaran di Kelas VI SD Negeri 53 Banda Aceh”, Jurnal Peluang Herawati, “Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray 3, no. 2 (2015)

Downloads

Published

2023-12-02