Analisis Isi Buku Bahasa Arab Siswi Kelas XI Madrasah Aliyah Muallimat Aisiyah Cabang Makassar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i1.8135Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Isi Buku Bahasa Arab terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswi kelas XI Madrasah Aliyah Aisiyah Cabang Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan yaitu Teknik Obsevasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjkkan bahwa buku ajar tersebut memenuhi kriteria buku ajar yang baik dari segi materi, yaitu sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi : keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. Berdasarkan dari segi seleksi, graditasi, presentasi, buku tersebut memenuhi kriteria buku yang baik. Kemudian kemampuan berbicara siswi yang bisa dikatakan sangat meningkat karena antusias siswa saat mata pelajaran bahasa Arab, dengan bantuan materi yang terperinci serta cara mengajar guru didalam kelas yang membuat siswa semangat dan senang mempelajari bahasa Arab baik secara langsung maupun daring (dalam jaringan) sehingga bisa dikatakan kemampuan berbicara siswi meningkat dalam mata pelajaran bahasa Arab dengan buku ajar yang digunakan sekarang.
Kata Kunci: Analisis Isi Buku Dan Kemampuan Berbicara
References
Arif Prajoko, Guru Bahasa Arab Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yoyakarta,
Asna Andriani. 2002. “Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Berbicara”
Burhan Bungin. 2005. Metodologi Penelitian Sosial: Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press
Henry Guntur Taringan. 1990. Berbicara Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa, Bandung.
Lexy.J.Moelong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Lexy.J.Moelong, Metodologi Penelitian Kualitatif
M.Ngalim Purwanto, Djeniah Alim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Jakarta: PT.Rosda Jaya Putra.
Moh. Mansyur Tamri Dan Salman Harun, Modul Bahasa Arab II, Jakarta: dirjen bibaga Islam dan Universitas Terbuka
Muhammad Yunus. 1983. Metodik Berbahasa Arab (Al-Qur’an), Jakarta: Yodakarya Agung
Sudarwan Danim. 2020. Menjadi Penilitian Kualitatif Rancangan Metodologi, Preantasi Dan Publikasi Hasil Penilitian Untuk Mahasiswa Dan Penilitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitaif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktif. Jakarta: Rineka cipta
Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
W.J.S Poerwadarmita, Kamus Umum Bahasa Idonesia. Jakarta: PT. Al-Ma’rif
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: