Penerapan Metode Make A Match(مطابقة) Dalam Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i1.8134Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan untuk permasalahan guru dalam penggunaan metode pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hafalan kosakata pada mata pelajaran bahasa Arab di MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar dengan permasalahan; 1) Bagaimana penerapan metode make a match dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar?. 2) Bagaimana peningkatan hafalan kosakata bahasa Arab melalui penerapan metode make a match pada siwa kelas VII MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar?.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi , wawancara, dokumentasi dan tes.Hasil penelitian dengan menggunakan penerapan Metode Make A Match dapat meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab mulai dari hasil Sebelum dilaksanakannya Metode Make A Match yaitu dengan rata-rata 69,3%, setelah melakukan Metode Make A Match pada siklus I dimana hasil belajar siswa rata-rata 74,7% yang masih dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa memiliki rata-rata 90% yang termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian membuktikan bahwa Penerapan Metode Make A Match dapat meningkatkat hafalan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTsS Taman Pendidikan Islam Makassar.
Kata Kunci: Metode Make A Match, Hafalan Kosakata Bahasa Arab
References
القرآن الكري
قاموس الأزهر عربي إندونسي. جومباع: -
لينتاس ميدييا.
محمد يونس. قاموس عربي إندونسي. -
جاكرتا: فنربت محمد يونس والذرية .
Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, S.Pd., M.Pd, 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Cet. I; Semarang: Unissula Press
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, 1991. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Ali, Atabik dan Ashamd Zuhdi Muhdlor, 1996. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, Surabaya: Multi Karya Grafika.
Arifin, H. Muzayyin, 1987. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Buna Aksara.
A. w. Munawir, Kamus Al-Munawir, Surabaya: Pustaka Progresif, t.Th
Faridli, Efi Miftah, 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Cet. II; Bandung: Alfabeta.
Hamruni, 2012. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani.
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul, 2011. Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hunainah, Jurnal Hadratul Madniyah. 2015. Penerapan Model Make A Match Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab pada SDIT Al-Qonita Palang Raya. Vol. 2;No. 2.
Izzan, Ahmad, 2007. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Humaniora.
John M. Echols dan Hasan Shadily, 1992. Kamus Inggris Indonesia An English Indonesia Dictionary, Cet. 20; Jakarta: Gramedia.
Kunandar, 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Cet. 9; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mansyur Moh. 1994. Materi Pokok Bahasa Arab I Modul 1-12, Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbaga Islam dan Universitas Terbuka.
Munawwir, Ahmad Warson, 2002. Al-Munawwir Kamus Arab – Indonesia (Bagian Ha’), Cet. XX; Surabaya: Pustaka Progressif.
Mustofa, Syaiful, 2011. Model Pembelajaran Bahasa Arab Inofatif, Malang: UIN-Maliki Press.
Peter Salim, et-al, 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: Modern English.
Qadratillah, Meity Taqdir dkk, 2011. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Ramayulis, 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet. III; Jakarta: Kalam Mulya.
Slameto, 1991. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi, 2016. Metodologi Penelitian, Cet 27; Jakarta: Rajawali Pres.
Syamsuddin, Zainal, dkk, 2006. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga.
Tafsir, Ahmad, 1995. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Cet. I; Bandung: Remaja Rosda Karya.
W. J. S Poerwadarminta, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Yusuf, H. Tayar, Syaiful Anwar, 1995. Metodologi Pengajaran agama dan Bahasa Arab, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zuhairi, 1993. Metodologi Pendidikan Agama, Solo: Romdhoni.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: