MOBA: Monopoli Bahasa Arab Sebagai Media Pembelajaran Upaya Meningkatkan Semangat Anak Sekolah Dasar dalam Menghafal Al-Qur’an di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i1.8132Abstract
Bahasa diciptakan untuk manusia dan kemanusiaan, maka sangatlah penting bagi umat memahami dan menguasai bahasa Arab. Pemerolehan bahasa merupakan salah satu aspek akulturasi serta tingkat pengakulturasian seseorang pada kelompok bahasa tertentu dalam memperoleh bahasa lainnya atau yang dimaksud bahasa kedua atau bahasa asing sebagai alat komunikasi Sehingga MOBA (Monopoli Bahasa Arab) ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk pengenalan dan penanaman bahasa Arab sejak usia sekolah dasar. Karya Tulis Ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan manfaat MOBA (Monopoli Bahasa Arab), sebagai media untuk membantu pemerintah, masyarakat untuk mengajarkan anak mengenai bahasa Arab dasar yaitu kosa kata Arab pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. MOBA (Monopoli Bahasa Arab) merupakan salah satu media pembelajaran yang menyerupai monopoli namun dibuat semenarik mungkin dalam bentuk kosa kata. Manfaat MOBA yaitu untuk meningkatkan minat belajar kosa kata hingga ayat al-Qur’an terhadap anak sekolah dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pentinya bahasa arab dapat direalisasikan menggunakan MOBA (Monopoli Bahasa Arab) sebagai media pembelajaran upaya meningkatkan kosa kata bahasa arab pada anak sekolah dasar di era revolusi industri 4.0Kata Kunci: Anak Sekolah Dasar, Media Pembelajaran, MOBA (Monopoli Bahasa Arab), Revolusi Industri 4.0
References
Andriani, (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam: Taallum: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 03(01), 45-48
Aziz, (2019). Interpretasi Humanistik Kebangsaan: Upaya Kontekstual Kaidah Bahasa Arab: Jurnal Bahasa Arab (e-jurnal), 3(2), 300-301
Husen, (2016). Integralisasi Bahasa Arab ke Dalam Ilmu-Ilmu Keislaman Pada Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN AR-RANIRY: Lisanuna: Jurnal Bahasa Arab dan Pembelajaran (e-jurnal.ar-raniry). 5(1). 88-89
Konsep Dasar Pendidikan Non-Formal (PKBM dan LKP). Jakarta Selatan: Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/08.%20Konsep%20Dasar%20PNF%20(PKBM%20dan%20LKP)_1557310762.pdf (di akses 12 juni 2021).
Maesaroh, Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1.
Muhtadi Anshor, Ahmad. 2009. Pengajaran Bahasa Arab: Media dan Metode metodenya. Yogyakarta: Teras.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&O. Edisi Pertama Cetakan Kedua Puluh Enam Alfabeta. Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaga Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 20. Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: