Korelasi Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Dengan Keterampilan Berpidato Bahasa Arab
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i1.8130Abstract
Pengajaran mufrodat (kosakata) bahasa Arab merupakan suatu pengajaran yang memuat semua unsur-unsur yang terkandung dalam pengajaran bahasa Arab, karena belajar mufrodat berarti sama saja dengan belajar bahasa itu sendiri. Sehingga mufrodat memegang peranan penting dalam bahasa Arab. Seseorang tidak dapat dikatakan menguasai bahasa Arab kalau belum menguasai mufrodat bahasa Arab. Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting dalam kehidupan manusia. Secara kronologis, fungsi bahasa adalah untuk menyatakan ekspresi diri, alat komunikasi, alat untuk mengadakan integrasi, adaptasi sosial, dan sebagai alat untuk kontrol sosial. Dengan bahasa, seseorang akan melakukan komunikasi, baik ketika ia akan menyampaikan sesuatu yang ada dalam benaknya maupun menerima kabar dari orang lain. Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan manusia untuk berinteraksi dengan sesama.
Tulisan ini bermaksud menjelaskan tentang korelasi penguasaan kosakata bahasa Arab dengan keterampilan berpidato bahasa Arab karena secara konsepsional kualitas keterampilan berbahasa seseorang tergantung pada kualitas dan kuantitas kosakata yang dimiliki. Dan seseorang yang memiliki kualitas dan kuantitas kosakata bahasa Arab akan mempunyai keterampilan lebih dalam berbicara bahasa Arab.
Kata Kunci : Korelasi, mufrodat, Mahaarah al-kalam, Komunikasi
References
A, Sudijono. 1987. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press. Tarigan, H. G. 1986. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.
Al-Qur’anul karim.
Dahlan, Juwairiyah. 1992. Metode Belajar Mengajar Bahasa Arab. Surabaya: Al -Ikhlas.
Echols, John. M & Shadily, Hasan. 1995. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia
Kridalaksana, Hari Murti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Majidi, B. 1994. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (Aplikasi Prinsip-Prinsip Linguistik). Yogyakarta: Sumbangsih Offset.
Munawir, Warson. 1984. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Yogyakarta: PP.Al - Munawwir, Krapyak.
Nababan, S. U. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Gramedia.
Nasution, S. 1992. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwadarminto, W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PPPB
Sadtono, E. 1987. Antologi Pengajaran Bahasa Asing. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, H. Guntur. 1986. Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Hadi, S. 1989. Metodologi Researh. Yogyakarta : Andi Offset.
Team, Penyusun. 1975. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama (IAIN). Jakarta: Depag RI
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Yusuf, Tayar & Anwar, Syaiful. 1995. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: