Pengaruh Metode Peta Konsep Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII SMP Unismuh Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i1.5934Abstract
Penelitian ini mengacu pada dua pokok permasalahan antara lain: 1. Untuk mengetahui bagaimana metode peta konsep terhadap pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Unismuh. 2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode peta konsep terhadap pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Unismuh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari hasil belajar siswa kelas VIII SMP Unismuh dengan mengunakan metode peta konsep. Hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Arab siswa setelah pelaksanaan tindakan yang dilakukan selama dua siklus. Nilai rata-rata dan presentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum pelaksanaan tindakan nilai rata-rata siswa 69 dari nilai maksimal 100 dengan presentase ketuntasan 27,1% yaitu 6 orang dari 22 siswa meningkat menjadi 72,2 dari nilai maksimal 100 dengan presentase ketuntasan 36,3% yaitu 8 siswa dari 22 siswa pada siklus I dan kembali meningkat pada siklud II dengan nilai rata-rata 80 dari nilai maksimal 100 dengan presentase ketuntasan 77,2% dari 22 siswa. Sedangkan secara kualitatif terlihat bahwa selama proses pembelajaran berlangsung terjadi perubahan sikap siswa. Hal ini dilihat dari hasil observasi yang dilakukan selama penelitian.
Kata Kunci: Metode Peta Konsep, Pembelajaran Bahasa Arab
References
Al-qur’anul Karim ,2007. Bandung. Departemen Agama
Abdul Hamid, Dkk, Malang: UIN Press,
Acep Hermawan, 2014, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT. Remaji Rosdakarya
Ahmad Muhtadi Anshor, 2009, Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode- Metodenya, Yogyakarta: Teras
Ahmad, Abu dan Uhbiyatu, Nur. 2001. Ilmu Pendidikan,Jakarta: Rineka
Buzan Toni, 2005. Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas, Jakarta : PT Gramedia
Buzan, Toni, 2007. Buku Pintar Mind Map untuk anak. Jakarta: PT. Gramedia
Dahar, R. W. 1989. Teori Belajar, Jakarta: Erlangga Press
Gorys Keraf, 1994. Komposisi Sebagai Pengantar Kemahiran Bahasa, Flores: PT. Nusa Indah
Horak and Gowin, 1985. Learning how to learn, Cambridge: Cabridge
Kunandar, 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan profesi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
M. Kholilullah, 2012. Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Mukhlis Fuadi, 2010. Otomatisasi Harakat Bahasa Arab, Malang: UIN Press
Murtadha Muthahari, Fitrah, 1998. ter. Afif Muhammad, Jakarta: Lentera Basritama
Novak dan Gowin Sumaji dkk, 1985. “Learning How to Learn”
Oemar, Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Sudirman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,
Sutowijoyo, 2002. Penerapan Strategi Belajar Konsep
Zulhannan. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaksi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: