Pengaruh Metode Sambung Huruf Hijaiyah Terhadap Kemahiran Menulis Santri Tk/Tpa Al-Musthofainal Akhyar Unit 099 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v5i1.5931Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui apakah metode sambung huruf hijaiyah berpengaruh terhadap kemahiran menulis santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala? 2) Bagaimana pengaruh metode sambung huruf hijaiyah terhadap kemahiran menulis santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala?.
Metode Pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Dengan Teknik analisis data yaitu uji paired sampel t-test dan uji N Gain.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode Sambung Huruf Hijaiyah berpengaruh terhadap Kemahiran Menulis Santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala. Dengan mengacu pada nilai Ujian Kelas Eksperimen dimana terjadi peningkatan nilai rata rata pada Post Test setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Metode Sambung Huruf Hijaiyah. Begitu pula dengan hasil dari Uji Paired Sample T Test, dimana nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. 2) Pengaruh Metode Sambung Huruf Hijaiyah terhadap Kemahiran Menulis Santri di TK/TPA Al-Musthofainal Akhyar Unit 009 Kelurahan Borong Kecamatan Manggala termasuk dalam kategori tinggi. Dengan mengacu pada nilai N Gain sebesar 0,86 > 0,7.
Kata Kunci : Metode Sambung Huruf Hijaiyyah, Kemahiran Menulis, TK/TPA
References
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Pustaka Al-Mubin
Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ahmad fuad Effendy. 2009. Metodelogi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat
Ahmad Tanzeh. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras
Asrof Syafi’i. 2005. Metodologi penelitian Pendidikan. Surabaya: eLKAF
Effendy Anwar. 2005. Bahasa Dan Sastra Sebagai Prespektif. Yogyakarta: Tiara Wacana
Hasan,Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press
Kartini. 2011. Tarbawi 1. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada
Sirajuddin. 2000. Seni Kaligrafi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta
-----------. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
------------. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Tulus Winarsunnu. 2002. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang : UMM Press
Zulhanan. 2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif . Jakarta: Rajawali Perss
Imroat. , Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta: UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Vol 2), http://ejurnal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/aciece/aciece2
Siswanti. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Vakt dengan Media Plastisin Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol 1 (3). http://ejournal.unp.
ac.id/index/php/jupekhu
Titin Hariyati. 2018. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Materi Hururf Hijaiyah Dengan Menggunakan Media Kartu Mata Pelajaran Alquran Hadist Kelas 1 MI Darussalam Sidodadi Taman Siduarjo. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunnan Ampel Surabaya
Nazir, Moh. 2009, Metode Penelitian. Bogor: Ghaia Indonesia.
Sujarweni, V.Wiratna. 2015, SPSS 25 Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: