Stimulus Guru Dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII Smp Unismuh Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v4i2.5928Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk stimulus yang diberikan oleh guru pada siswa dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar, untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pemberian stimulus pada siswa dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar, dan untuk mengetahui hasil pemberian stimulus pada siswa dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu: Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Stimulus guru dalam pembelajaran bahasa Arab meliputi: a) Penggunaan variasi metode mengajar, materi, dan buku penunjang. b) Pemberian Nilai, c) Pemberian Hukuman, d) Pemberian pujian atau penghargaan. 2) Faktor penghambat pemberian stimulus, meliputi: a) Faktor eksternal siswa dan b) Faktor internal siswa. 3) Respon siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, meliputi: a) Respon Konseptual, b) Respon Emosional, c) Respon Behavioristik (Tingkah laku)
Kata Kunci: Stimulus, Respon, Guru, Siswa, Bahasa Arab
References
Al Quran Al Karim
Anshar, Ahmad Muhtadi. 2009. Pengajaran bahasa Arab media dan metode-metodenya .Yogyakarta: TERAS
Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Effendy, Akhmad Fuad. 2015. Metodologi pengajaran bahasa Arab Malang: Misykat
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:
KEMENAG RI. 2012. Al-Qur’an Transliterasi Per Kata dan Terjemahan Per Kata Bekasi: Cipta Bagus Segara
Mu’in, Abdul. 2004. Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi). Jakarta: Pustaka Al Husna Baru
Mudyahardjo, Redja. 2012. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mulyasa. 2009. Menjadi guru Profesional Cet. III. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nuha, Ulin. 2009. Pengajaran Bahasa Asing dengan Pendekatan Interaktif Yogyakarta: Idea Press
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan, membangun siswa tumbuh dan berkembang Jakarta: Erlangga
Parera, Jos D. 1997. Lingustik Edukasional. Jakarta: Erlangga
Permenag. 2008. Bab VI. tentang Standar Kompetensi dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab
Prawira, Purwa Atmaja. 2016. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru cet. III. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: