Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Siswa Kelas XI MA Muallimin Muhammadiyah Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v4i2.5923Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI MA Muallimin Muhammadiyah Makassar melalui strategi PQ4R. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setia psiklus terdiri ata sempat komponen yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi. Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif kuantitatif adalah sebagai berikut: (1) Skor rata-rata hasil belajar Bahasa arab siswa kelas XI MA Muallimin yang diperoleh padasiklus I sebesar 61, 62atau 61,62% dan standar deviasi 13,54. Pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh sebesar 75,12 atau 75,12% dengan standar deviasi 11,04. Siklus I berada dikategori sedang, dan siklus II keduanya berada pada kategori tinggi . (2) ketuntasan belajar siswa meningkat siswa setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan PQ4R pada setiap pertemuan. Hal ini terlihat pada besarnya presntase peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan kriteria ketuntasan belajarnya, yakni sebesar 46,87%, dimanasiswa yang mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I kesiklus II sebanyak 15 orang siswa, yaitudari 12 orang yang mengalami ketuntasan di siklus I menjadi 27 orang di siklus II dari 32 siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar PQ4R
References
Arikunto, Suharsimi. dan Kawan-kawan. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Cet X; Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian susatu pendekatan praktif. Cet. XIII;Jakarta:Rineka Cipta.
Annurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran, Cet.VI: Bandung:Alfabeta.
Millah, Bubun Sihabu, Penerapan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Dalam Pembelajaran Qur’an Hadits. 2010, htt//alsyibab, blogspot, COM/2010/10 (20 Oktober 2010)
Burhani, DKK. 2002. Kamus Ilmiah Popular. Jombang: lintas media.
Depdikbud. 1993. Pedoman penilaian secara kuantatif. Jakarta: Depdikbud
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak didik Dalam interaksi Endukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1998. Statistik. Jilid I: Yokyakarta: Andi Yogyakta.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigm Baru Pembelajaran. Cet. II; Jakarta: Prenada Media Group.
Selviana. D. Evi. 2006. Kamus Praktis Lengkap: Inggris-Indonesia dan Indonesia-inggris. Cet.VIII; Jakarta: Pustaka Dwipar.
Slameto, 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, Agus. 2011. Cooprative Learning. Cet. V; Jokjakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Cet. I; Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: