STRATEGI PEBGELOLAAN KOMPONEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH LIMBUNG KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v3i2.5204Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apa saja komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung. 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung. 3) Untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif yakni dengan metode pengumpulan data yang berupa wawancara serta dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini yakni dari Guru pendidikan bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa komponen pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung diantaranya: Kurikulum, Materi, Metode, Evaluasi, Guru dan siswa. Strategi pengelolaan komponen pembelajaran bahasa Arab yang meliputi: Strategi pengelolaan kurikulum, strategi pengelolaan materi, strategi pengelolaan metode pembelajaran, strategi pengelolaan evaluasi, serta guru dan siswa. Dalam pengelolaan komponen pembelajaran terdapat faktor yang menghambat dan mendukung dalam pengelolaan komponen pembelajaran, diantara faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan komponen pembelajaran itu yakni berasal dari Guru, peserta didik dan fasilitas penunjang pembelajaran yang ada di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung itu sendiri.
Kata Kunci : Strategi, Pengelolaan, PembelajaranReferences
Arikunto Suharsimi. 2010. Evaluasi program pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto,, Suharsimi, dan Lia Yuliana. 2008. Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.
Fuad, Ahmad effendi. 2005. Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : Misykat.
Hamalik, Omar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Omar. 2009. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum (Bandung: rosdakarya.
Hanun Asrohah dan Anas Amin Alamsyah. 2010. Pengembangan Kurikulum, Surabaya: kopertais wilayah VI.
Mutahadi Ahmad Anshor. 2009. Pengajaran Bahasa Arab, Media dan Metode Metodenya. Yogyakarta; Teras.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sadarwan Dan Indan khairil. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Syah Darwyn. 2007. Perencanaan System Pengajaran pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung persada pers.
Syaodih, Nana Sukmadinata. 2006. Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT rosdakarya.
Trianto. 2000. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif . Weisteindan Mayer Alamnur
World almanac 2005 (online) (http:id.wikipedia.org/wiki/Daftar bahasa menurut jumlah penutur aslinya
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: