PENERAPAN METODE LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP UNISMUH MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v3i1.3652Abstract
The purpose of this study is to describe the learning process with the direct method of learning Arabic in Makassar Unismuh Middle School and to find out the results of applying the direct method in learning Arabic. This research is a Classroom Action Research (CAR) with several cycles to get the desired data and information.
From the results of this study it can be seen that the results of learning Arabic in class VIII Makassar Unismuh Middle School has increased after the implementation of direct methods in learning. This can be seen from the increase in student learning outcomes from the medium category in the first cycle and the high category in the second cycle with an average score of 7.1 increasing to 8.11.
Keywords: Direct method, Language, Arabic
References
Alquran Al karim
Asrori, Moh. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada.
Efendi, Ahmad Fu’ad. 2005. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: PT Rineka Cipta.
Hamid, Abdul, Uril Baharuddin dan Bisri Mustofa. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN Malang Press.
Hamsah B, Uno. 2008. Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Herman, Acep. 2014. Metodologi pembelajaran Bahasa Arab. Bandung; PT.Remaja Rosdakarya.
Iskandar, wassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
M. Basyiruddin Usman dan Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama.
Madjidi, Busyairi. 1994. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Sumbangsih Offset
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Komptensi Guru, Bandung; PT.Remaja Rosdakarya
Malibary Akrom dkk. 1976. Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada PerguruanTinggi Agama Islam IAIN. Jakarta
Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Analalisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.
Munip, Abdul, dkk. 2004. Al-‘arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sugiono. 2008. Prosedur Penelitian. Jakarta: Alfabeta.
Suharjono. 2007. Metode Penelitian. Jakarta; PT. Rineka Cipta.
Sumardi, Mulyanto. 2008. Pengajaran Bahasa Asing Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi. Cet Ke-X. Jakarta: Kramat Kwitang.
Zaenuddin, Radiyah. 2005. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Cirebon: Pustaka Rihlah Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: