METODE DRILL DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v3i1.3649Abstract
This study aims to determine of the mastery of Arabic vocabulary students and also to determine the impact of using the Drill method in Arabic learning to increase Arabic mastery of Nahdlatul Ulum Islamic boarding school students in Soreang, Maros Regency. The research methods used are interviews, observation and documentation to get accurate data and information. The results of this study indicate that the description of Arabic vocabulary mastery in MTs Nahdlatul Ulum Islamic Boarding School in Soreang Maros Regency is considered to be less than optimal because the number of Arabic vocabulary memorization in MTs Nahdlatul Ulum Islamic Boarding School is still lacking and does not yet have the confidence to communicate using Arabic. The Impact of the Implementation of the Drill Method (Exercise) in Improving the Mastery of Arabic Vocabulary in MTs Nahdlatul Ulum Islamic Boarding School in Soreang Maros Regency is considered quite good, where the authors find four indicators as a reference in providing an assessment, namely 1) memorization of Arabic vocabulary quite a lot, 2) there is a habit of using mastered vocabulary in interacting in the school environment, 3) has been able to process some of the vocabulary that is mastered into a simple sentence, 4) has been able to apply Arabic in the mobile phone presentation menu, and 5) Streamlining the reading of the Kitab Kuning.
Keywords: Drill Method, Vocabulary
References
Al- Qur’an Al-karim
Abu, Ahmad. 1986. Metode Khusus Pendidikan Agama, Bandung: CV. Amrico.
Ahmad Mujin Nasih dan Lilik Nur Khodijah. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Refika Aditama.
Amirullah, M. Amin . 2013. Panduan Menyusun Proposal Skripsi Tesis dan Disertasi, Cet. I, Jakarta: Smart Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 1982. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Ed, II, Cet. X, Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teori, Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. 2004. Bandung: CV. Jumanatul Ali-ART (J-ART).
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. IV, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES.
Djamaluddin & Abdullah Aly. 1998. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Effendi, Ahmad Fuad. 2005. Metodologi Pegajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat.
Hadi, Sutrisno. 1988. Statistik, Jilid II, Yogyakarta: Andi Offset.
Hidayat. 1988. Musyikilat Tadris Ta’lim Al Arabiyah Fi Indonesia Wa Ilajiha. Jakarta: Al Muwajjahah Fi Ta’limi Al Lugoh Al Arabiyah.
http://adhegora.blogspot.com/2012/04/metode-drill-menurut-para-ahli.html, askes 30 september 2012
https://almanhaj.or.id/3102-pentingnya-bahasa-arab.html
https://bambumoeda.wordpress.com/2011/06/24/sejarah-pesantren-di-indonesia/
Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-Bilik Pesantren, Jakarta: Paramadina.
Muhaimin, Abdul Mujib. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya.
Rahim, Husni. 2001. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos.
Roestiyah NK. 1989. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara.
Salamah, Umu. 2006. “Eksperimentasi Pendekatan Konstektual dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Arab di MTsN Prambanan Sleman”, Skripsi S1, Pendidikan Bahasa Arab, Yogyakarta: Perpustakaan UIN SUKA.
Sudjana. 1986. Metode Statistik, Bandung: Tarsito.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta.
Surakhmad, Winarno. 1994. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito.
Surakhmat, Winarto. 1987. Dasar dan Tehknik Research, Ed. VI, Bandung: Tarsito.
Syakur, Nazri. 2008. Proses Psikologik dalam Pemerolehan dan Belajar Bahasa, UIN SUKA : Yogyakarta.
Tim penyusun kamus. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi kedua), Jakarta: Balai Pustaka.
Ulihbukit. 1981. Suatu Pengantar Ke Dalam Metodologi Pengajaran, Salatiga: Saudara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: