PENGARUH METODE TEBAK KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA MTs PESANTREN DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH GOMBARA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i2.3641Abstract
This study aims to find out the ability to memorize the vocabulary of Arabic language through the application of learning models of words in the pesantren Darul Arqam Gombara. To obtain the accurate data used classroom action research with research data source are all students of MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar and Arabic language teacher. Sampling of the population was performed using a random technique. The research instrument used was the initial test (pre-test) and the final test (post-test). Then for data analysis used test of grain validity problem, test of reliability, distinguishing power and level of its difficulty The results of this study could be concluded that 1) The application of guess word method ran well without any obstacle. 2) The ability to memorize vocabulary was improvement, according to the pre-test of the ability to memorize vocabulary with the average value: 51.18 then continued post-test the ability to memorize vocabulary with the average value: 82.66. Thus, it could be concluded that students VIII A MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Islamic School Makassar experienced an improvement in the ability to memorize the Arabic vocabulary by using the word guess method. 3) Vocabulary mastery by using the word guess method had increased in spite of not really significant and showed that the using of word guess method gave a positive impact to increase of memorizing ability of students. Keywords: Guess words, memorize, vocabulary, ArabicReferences
Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi II. Jakarta: Bumi Angkasa
Abu. Ahmadi. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Pustaka Setia.
Ahmad D. Marimba. 1962. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma‟arif.
Ahmad Fuad Effendy. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab,cet-4. Malang: Misykat.
Akhmad Munawari. 2007. Belajar Cepat Tata Bahasa Arab Program 30 Jam. cet-XV. Yogyakarta: Nurma Media Idea.
Anonim. 2003. Standar Kompetensi Bahasa Arab Departemen Agama RI.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. 2004. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. cet-11. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Busyairi Madjid, 1994. Metodologi Penerapan Bahasa Arab Penerapan Audio Lingual Method dalam All In One System. Yogyakarta: Sumbangsih Offset. Diklat Profesi Guru LPTK Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel
Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Gulo, W. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Pt. Gramedia.
Hamzah Yusuf Al Arsar. 2007. Pengantar Mudah Belajar Bahasa Arab. cet-1. Bandung: Pustaka Ahhwa.
Hendra Surya. 2003. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar. PT Alex Media Komputindo.
Mahmud Yunus. 1989. kamus Arab-indonesia. Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wadhurriyah. Metode Gerakan Mengajar Belajar Al-Qur‟an atau disebut Gran MBA
Moh. Mansyur. 1994. Materi Pokok Bahasa Arab 1 Modul 1-12. Direktorat Jenderal Bimbingan Islam dan Universitas Terbuka. Jakarta.
Moh. Nazir, 1998. Metode Penelitian.cet-3. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Cet-2 Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tager Yusuf H. 1977. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: