UNIVERSALITAS BAHASA DALAM KONTESTASI PBA DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v3i1.2135Abstract
Abstract;
This study aims to generalize the concept of the universality of language and axiology in the context of learning Arabic in Indonesia. The method used this research is descriptive qualitative. A good Arabic learning must have an universality of language value. The universality language is a system of sound symbols that must be complemented by the full and systematic dimensions of language. The principles which are have to be folowwed in the universality of language such as syntac, phonology, morphology and semantic principles. Thus, PBA contestation in Indonesia using the system of language universality will be better to improve language dignity.
Keywords; Universality of language, PBA, Indonesia
Abstrak;
Penelitian ini bertujuan untuk menggeneralisasi konsep universalitas bahasa dan aksiologinya dalam konteks pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pembelajaran bahasa Arab yang baik adalah yang memiliki nilai universalitas bahasa. Universalitas bahasa adalah sistem lambang bunyi yang harus dilengkapi dengan dimensi-dimensi bahasa secara utuh dan sistematis. Prinsip-prinsip yang harus dipatuhi dalam universalitas bahasa meliputi prinsip sintaksis, fonologi, morfologi, dan semantik. Dengan demikian, kontestasi PBA di Indonesia dengan sistem Universalitas bahasa akan lebih baik guna meningkatkan kemartabatan bahasa.
Kata Kunci; Universalitas Bahasa, PBA, Indonesia.
References
Ainin, Moh. 2016. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: Bintang Sejahtera.
Hasan, Tamam. 1979. al-Lughah al-‘Arabiyyah Ma’nāhā wa Mabnāhā. Kairo: al-Haiah al-Miṣsriyyah al-‘Āmmah li al-Kitāb.
Izzan, Ahmad. 2004. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Kholison, Mohammad. 2016. Semantik Bahasa Arab; Tinjauan Historis, Teoritis, dan Aplikatif. Sidoarjo: Lisan Arabi.
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik “Cet-5”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kushartanti, dkk. 2007. Pesona Bahasa; Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
M. Daud, Muhammad. tt. al-‘Arabiyyah wa ‘Ilm al-Lughah al-Ḥadīṡ. Kairo: Dar Gharib.
Mahsun. 2004. Metodologi Penelitian Bahasa: Tahapan strategi, Metode dan Tekniknya, “Edisi Revisi”. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persaja.
Nasution, Sahkholid. 2017. Pengantar Linguistik Bahasa Arab. Sidoarjo: Lisan Arabi.
Pranowo. 2015. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soeparno. 2013. Dasar-dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Muhammadiyah University Press.
Suroso, Eko. 2016. Psikolinguistik. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Umar, Ahmad Mukhtar. 1982. ‘Ilm al-Dalālah. Kuwait, Maktabah Dār al-‘Arabiyyah li al-Nasr wa al-Tauzī.
Umar, Ahmad Mukhtar. 1997. Dirāsah al-Ṣaut al-Lughawy. Kairo: Alam al-Kutub.
Zaenal Arifin & Junaiyah. 2009. Morfologi; Bentuk, Makna, dan Fungsi “Edisi Revisi”. Jakarta: Grasindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: