STRATEGI PENGAJARAN EMPAT KETERAMPILAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN KITAB AL-ARABIYAH BAINA YADAIK
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v8i2.17427Abstract
This research aims to understand teaching strategies for Arabic language skills using al-Arabiyah Baina Yadaik volumes 1 and 2. This book helps students gradually master four language skills: istima' (listening), kalam (speaking), qira'ah (reading), and kitabah (writing). The research adopts a qualitative approach with a literature study, utilizing books and journals as data sources analyzed descriptively.
The findings indicate that this teaching strategy is effective when applied consistently. The material in al-Arabiyah Baina Yadaik focuses on mastering language skills intensively, supported by digital audio and 16 face-to-face sessions per skill, each lasting 100 minutes (equivalent to 2 credits per week). Through this method, educators can enhance students' understanding and proficiency in Arabic optimally. The book’s strength lies in its systematic structure and practice-based learning approach, making it a valuable resource for teaching Arabic language skills.
Keywords: Strategy, Skills, Arabic, Kitab al-Arabiyah.
Penelitian ini bertujuan memahami strategi pengajaran keterampilan bahasa Arab menggunakan kitab al-Arabiyah Baina Yadaik jilid 1 dan 2. Kitab ini membantu peserta didik menguasai empat keterampilan bahasa: istima' (menyimak), kalam (berbicara), qira'ah (membaca), dan kitabah (menulis) secara bertahap. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan studi pustaka, menggunakan buku dan jurnal sebagai sumber data yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengajaran berbasis kitab ini efektif jika diterapkan secara konsisten. Materi dalam al-Arabiyah Baina Yadaik berfokus pada penguasaan keterampilan bahasa secara intensif, didukung oleh audio digital dan 16 kali tatap muka per keterampilan dengan durasi 100 menit (setara 2 SKS/minggu). Dengan metode ini, pendidik dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan bahasa Arab peserta didik secara optimal. Keunggulan kitab ini terletak pada struktur pembelajarannya yang sistematis dan berbasis praktik langsung.
Kata Kunci: Strategi, Keterampilan, Bahasa Arab, Kitab al-Arabiyah.
References
Deepublish. (2023). Strategi Pembelajaran: Komponen, Macam, Contoh. Penerbitdeepublish. https://penerbitdeepublish.com/strategi-pembelajaran/
Fauziah, L. (2022). Peranan Media Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab Ikhsanul. Al-Fusha: Arabic Language Education Journal, 2(2), 63–77.
Ghofur, A. (2019). Efektifitas dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Buku Ajar ABY. Didaktika, 20(1), 113–125.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2012). Terampil. Kbbi.Web. https://www.kbbi.web.id/terampi
Khansa, H. Q. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Hasna Qonita Khansa. Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, 53–62. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara
Mahmudah, S. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nabighoh, 20. https://www.researchgate.net/publication/329938857_MEDIA_PEMBELAJARAN_BAHASA_ARAB
Mahbub, M., & Tauhidiyah, J. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di Asrama Darul-Lughoh Al-Arabiyah Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.30739/arabiyat.v2i1.1407
Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31
Tim Kurikulum dan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Lpm.Walisongo. https://lpm.walisongo.ac.id/wp-content/uploads/2016/06/Panduan-Kurikulum-Dikti.pdf
Wicaksono, A. (2017). Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(1), 67–78. https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670
Yanti, N. ; sholehudin. (2020). Efektifitas Pelaksanaan Strategi Kalam Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts Al-Jauhar Duri. Pendidikan Dan Sastra Bahasa Arab, 1.no.1, 48.
إبراهيم, ا. ع. ا., الطاهر, ح. م., & فضل، محمد عبد الخالق محمد. (2002). العربية بين يديك كتاب المعلم 1.
إبراهيم بن إبراهيم الفوزان. (2023). سلسلة العربية بين يديك الإصدار الثاني كتاب الطالب الأول. Archive.Org. https://archive.org/details/al-arabi-bin-yadik-4-a_202302/Al Arabi bin Yadik 1-A/
الفوزان, د. (1431). إضاءات لمعلمي اللغة العربية لغير الناطقين بها. 336.
فراج, خ. خ. (2017). كتاب العربية بين يديك لتعليم العربية للناطقين بغيرها: دراسة نقدية لغوية تربوية في ضوء اللسانيات التطبيقية. Lisanuna, 7(2), 188–213.
للجميع, ا. (2015). سلسلة العربية بين يديك. Arabic For All. https://www.arabicforall.net/ar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: