ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN INSYA’ MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR ANGKATAN 2018
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i2.10765Abstract
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan Insya’ mahasiswa pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan 2018” Dibimbing oleh. Fatmawati dan Nasruni. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan Insya’ mahasiswa pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan. 2) Mengetahui apa upaya yang ditempuh untuk mengatasi kesulitan Insya’ mahasiswa pendidkan bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif yang mengambil lokasi di Prodi Pendidkan bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Fokus utama dalam penelitian ini adalah faktor-faktor penyebab kesulitan Insya’ dan upaya megatasi nya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kesulitan Insya’ diantaranya (1) Ada mahasiswa yang berasal dari sekolah umum dan tidak memiliki dasar Bahasa Arab (2) kurangnya rasa ingin tau. Upaya yang bisa ditempuh yaitu (1) Senantiasa giat dalam belajar Bahasa Arab (2) memperbanyak perbendaharaan kosa kata (3) memperbanyak membaca buku-buku yang berbahasa Arab.
Kata Kunci: Faktor-faktor kesulitan insya’
References
Henry Guntur Tarigan dan Djago Tarigan, Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa, Edisi Revisi (Bandung: Angkasa, 2011)
Imam Asrori, Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori & Praktek. (Malang: MISYKAT,2014),
Kuraedah, S. Aplikasi MaharahKitabah dalm Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal al-Ta’dib8 (2015),
Nini Subini, Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Jakarta: Buku Kita, 2015,
Susilawati, Pengaruh Desain Bahan Ajar Bahasa Arab (Kitabah) terhadap Maharah AL-Kitaba), Skripsi (2016)
Ulin Nuha, Metodologi Super Efektif pembelajaran Bahasa Arab. (Yokyakarta: Diva Press, 2021),
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: