EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QAWAID WA TARJAMAH DALAM MENINGKATKAN MAHARAH QIRA’AH SISWA KELAS VIII-B MTs MUALLIMIN MUHAMMADIYAH MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i2.10762Abstract
Efektivitas Penerapan Metode Qawaid Wa Tarjamah dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Siswa Kelas VIII-B MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre eksperimen yang bertujuan: 1) Mengetahui penerapan metode Qawaid Wa Tarjamah dalam meningkatkan maharah qira’ah siswa kelas VIII-B MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar. 2) Mengetahui efektivitas penerapan metode qawaid wa tarjamah dalam meningkatkan maharah qira’ah siswa kelas VIII-B MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar dengan sampel yang diambil secara tidak acak yang menetapkan ciri-ciri khusus sesuai dengan tujuan penelitian sebanyak 26 siswa dalam satu kelas melalui dua variabel yaitu variabel bebas berupa metode Qawaid Wa Tarjamah dan variabel terikat berupa maharah qira’ah siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode Qawaid Wa Tarjamah dapat meningkatkan maharah qira’ah siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dikarenakan pada saat diterapkan siswa menjadi lebih semangat dan tertarik mengikuti pembelajaran dan aktif dalam mengutarakan pengetahuan yang sudah dipelajari dikelas. 2) Nilai rata-rata pre-test 53 sedangkan rata-rata post-test 82,50. Rata-rata skor gain ternormalisasi 0,62 dalam kategori sedang dan berdistribusi normal untuk data maharah qira’ah. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai thitung < -ttabel (-30,598 < -2,059) dan nilai probabilitas 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Qawaid Wa Tarjamah efektif dalam meningkatkan maharah qira’ah siswa kelas VIII-B MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar.
Kata Kunci: qawaid wa tarjamah, maharah qira’ah, efektivitas
References
Ach. Sholehuddin dan Mu’alim Wijaya, “Implementasi Metode Amsilati dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qira’ah”, Jurnal Bahasa Arab, vol. 3, No. 1, (Mei, 2019),
Ahmad Nurcholis, Syaikhu Ihsan Hidayatullah dan Muhammad Asngad Rudisunhaji, “Karakteristik dan Fungsi Qira’ah dalam Era Literasi Digital”, Jurnal Jurusan PBA, vol. 18, No.2, (Desember, 2019),
Munir Yusuf, Pengantar Ilmu Pendidikan (Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018)
Rahmaini, “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif dan Menarik”, (Medan: Perdana Publishing, 2012)
Rahmat Hidayat Dan Abdillah, Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya” (Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2019),
Rian Riswanda, “pengertian Bahasa”, (https://www.scribd.com/doc/242129666/PENGERTIAN-BAHASA-docx, 11 November, 2021)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: