KARAKTERISTIK I’RAB DAN SOLUSI PEMBELAJARANNYA
DOI:
https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i2.10572Abstract
AbstrakBahasa Arab memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Karakteristik unik tersebut adalah sistem i’rab yang yang memiliki tanda-tanda yang berbeda sesuai dengan amil (pengaruh) yang mendahuluinya. Keberadaan sistem i’rab di sini, memberikan tantangan tersendiri bagi pendidik. Dalam pembelajaran i’rab, pendidik diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan berbagai macam metode dan strategi. Artikel ini membahas tentang karakteristik i’rab dan solusi pembelejaranya dengan menggunakan model cooperative learning. Teori pembelajaran yang menjadi landasan coopretive learning adalah teori pembelajaran konstruktivisme. Cooperative learning sendiri memiliki beberapa strataegi pembeajaran yaitu, STAD (Students Team Achievment Divisions), Jigsaw, Group Investigation, dan struktural.
Kata kunci: Karakteristik, I’rab, Solusi Pembelajaran
References
Al Ghalayaini, Musthafa, Jami’ al Durus al ‘Arabiyyah, Beirut: Maktabah al ‘Ashriyyah, 1983
Anwar, Chairul, Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik hingga Modern, Yogyakarta: IRCiSoD, 2017
Efendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2017
Hermawan, Acep,Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014
Munip, Abdul, Strategi dan Kiat Menterjemahkan Teks Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008
Ni’mah, Fuad, Mulakhkhas Qawaid al Lughah al ‘ArabiyyahBeirut: Daru al-Tsaqafah al-Islamiyyah, TT
Nuha, Ulin, Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakart
a: Diva Press, 2016
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel akan ditransfer ke Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online).
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit Jurnal Al-Marãji’ Pendidikan Bahasa Arab, dengan nomor terdaftar ISSN 2579-8863 (print), ISSN 2656-6958 (Online) memegang hak cipta semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: