KARAKTERISTIK I’RAB DAN SOLUSI PEMBELAJARANNYA

Authors

  • Ummu Fadhilah Imran Ibrahim universitas muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/almaraji.v6i2.10572

Abstract

Abstrak

Bahasa Arab memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh bahasa lain. Karakteristik unik tersebut adalah sistem i’rab yang yang memiliki tanda-tanda yang berbeda sesuai dengan amil (pengaruh) yang mendahuluinya. Keberadaan sistem i’rab di sini, memberikan tantangan tersendiri bagi pendidik. Dalam pembelajaran i’rab, pendidik diharapkan dapat membantu memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan berbagai macam metode dan strategi. Artikel ini membahas tentang karakteristik i’rab dan solusi pembelejaranya dengan menggunakan model cooperative learning. Teori pembelajaran yang menjadi landasan coopretive learning adalah teori pembelajaran konstruktivisme. Cooperative learning sendiri memiliki beberapa strataegi pembeajaran yaitu, STAD (Students Team Achievment Divisions), Jigsaw, Group Investigation, dan struktural.

Kata kunci: Karakteristik, I’rab,  Solusi Pembelajaran

References

Al Ghalayaini, Musthafa, Jami’ al Durus al ‘Arabiyyah, Beirut: Maktabah al ‘Ashriyyah, 1983

Anwar, Chairul, Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik hingga Modern, Yogyakarta: IRCiSoD, 2017

Efendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2017

Hermawan, Acep,Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014

Munip, Abdul, Strategi dan Kiat Menterjemahkan Teks Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia, Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2008

Ni’mah, Fuad, Mulakhkhas Qawaid al Lughah al ‘ArabiyyahBeirut: Daru al-Tsaqafah al-Islamiyyah, TT

Nuha, Ulin, Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakart

a: Diva Press, 2016

Downloads

Published

2023-03-27