TRANSPARANSI PENGELOLAAN ANGGARAN INFRASTRUKTUR PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN ULUMANDA KABUPATEN MAJENE
DOI:
https://doi.org/10.26618/ojip.v4i2.92Keywords:
PNPM MP Budgets, Community Empowerment, Anggaran PNPM MP, Pemberdayaan MasyarakatAbstract
This study aims to determine the budget management infrastructure independent national community empowerment program in District Ulumanda countryside. This type of research is qualitative descriptive study and the use of instruments such as: observation and documentation developed by interviewing informants. The results showed that the Transparency Budget management infrastructure national community empowerment program independently rural (PNPM MP) in District Ulumanda less effective because some indicators of transparency has not been fully implemented, such as the involvement of society in terms of deliberations between the village of proposed development and discussion of the budget managed by PNPM MP in every village. and the lack of information received by the public regarding the amount of budgets managed implementation team (TPK) in every village. with some indicators that make authors conclude baahwa budget management infrastructure independent community empowerment national program of rural (PNPM MP) less effective in this case the lack of transparency.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan anggaran infrastruktur program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan di Kecamatan Ulumanda. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan instrumen berupa: observasi dan dokumentasi serta dikembangkan dengan wawancara terhadap informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Transparansi Pengelolaan anggaran infrastruktur program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan (PNPM MP) di Kecamatan Ulumanda kurang efektif karena beberapa indikator transparansi belum sepenuhnya terlaksana, seperti keterlibatannya masyarakat dalam hal musyawarah antar desa penetapan usulan dan pembahasan tentang anggaran yang dikelola oleh PNPM MP di setiap Desa. dan kurangnya informasi yang diterima oleh masyarakat mengenai besaran anggaran yang dikelola tim pengelola kegiatan (TPK) disetiap Desa. dengan beberapa indikator itulah yang membuat penulis menyimpulkan baahwa pengelolaan anggaran infrastruktur program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan (PNPM MP) kurang efektif dalam hal ini kurang transparansi.
References
Arifin, 2011.Kebijakan publik dan Transparansi penyelenngaraan Pemerintah Daerah, Jakarta Pusat : PT Pustaka Indonesia Press
Dilla, Sumadi. 2007.” Komunikasi Pembangunan pendekatan terpadu” Bandung. Simbio sari katama media
Hamalik.1993.”perencanaan pembangunan daerah strategi membangun potensi dalam mewujudkan otonomi daerah” Jakarta: gramedia pustaka utama
Handoko,T.Hani. Manejmen dalam pembangunan.yogyakarta:BPFE)
harjobapermusoko 2008. Sekretariat PNPM Mandiri Pedesaan (Online) (http://bapermusokoharjo.Wordpres.com/ds/ secretariat PNPM Mandiri Pedesaan) diakses 17 Juni 2014, pukul 09.00
Haryadi. 2010. Pengelolaan program nasional pemberdayaan masyarakat manidiri
Iqbal 2008 tujuan program analisis program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan (Online) (http://iqbal.blogspot.com/2008/12/tinjauan analisis program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan.html) diakses 17 Juni 2014, pukul 11.00
Irawan, 1997.konsep pengelolaan menejmen (onlain) ( http :// sugionomuslimin. Wordpress. Com /2010/11/05/ Konsep pengelolaan Menejemen diakses Jumat,17 Juni 2014 , pukul 10.30
Krina2003 artikel Transparansi (Online) (http://sobatbaru.blogspot.com/2010/03/transparansi.html) selasa, 18 januari, 2014, pukul 08.30transparansi-dan-akuntabilitas.html) diakses 18 Juni 2014, pukul 11.00
Mensediar 2011 Urgensi Pelatihan Masyarakat dalam upaya pengentasan kemiskinan (Online) (http://pnpmmuarasiau.blogspot.com/2011/02/artikel-pnpm-mandiri-perdesaan.html) diakses 19 Juni 2014, pukul 09.00
Pedoman penulisan proposal penelitian dan skripsi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas muhammadiyah Makassar tahun 2013
Rewansyahasmawi. 2009. Reformasi birokrasi dalam rangka good governance, Jakarta: yusaintanas prima.
Saka, Purnama, dkk. 2012. Membuka informasi Good Governance” sebuah telaah implementasi uu keterbukaan informasi publik dikota Surakarta dan Lombok barat” Jakrta : universitas Indonesia(UIPres)
Satori &Komariah, 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung :Alfabeta.
Sedarmayanti. 2012. Good governance “ Kepemerintahan Yang Baik”, Bandung: Mandar Maju
Soegandardermawan 2010 prinsip akuntabilitas dan transparansi (Online) (http://www.scribd.com/doc/21596989/Prinsip-Akuntabilitas-Dan-Transparansi-Pada-Sekolah-Publik-Cadangan) diakses 20 Juni 2014, pukul 08.00.
Sugiono,2005.” metode penilitianadmiistrasi, Bandung: Alfaa Beta
Sugiyono, 2012.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung :Alfabeta.
Suyono,Haryono.2013.PemberdayaanMasyarakat Di Era Global, Jakarta: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
In the event that the article is received by the Editorial Team of Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, with registered number ISSN 2088-3706 (Print), ISSN 2502-9320 (Online) and there is a decision to publish the article, the copyright of the article will be transferred to Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, with registered number ISSN 2088-3706 (Print), ISSN 2502-9320 (Online).
Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar in collaboration with Muhammadiyah’s College Association of Government Studies (AIPPTM) and Asia Pacific Society for Public Affairs (APSPA) as the publisher of Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, with registered number ISSN 2088-3706 (Print), ISSN 2502-9320 (Online) holds the copyright of all articles published in this journal.
Department of Government Studies, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar in collaboration with Muhammadiyah’s College Association of Government Studies (AIPPTM) and Asia Pacific Society for Public Affairs (APSPA) holds the right to reproduce and distribute the article and author is not allowed to publish the same article published in this journal.
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: otoritas@unismuh.ac.id