ANALISIS NILAI TAMBAH USAHA TERASI UDANG PADA AGROINDUSTRI PASSIANA’ DI KECAMATAN BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Authors

  • Annisa Safitri Mahasiswi Program Studi Agrbisnis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Reni Fatmasari Syafruddin Dosen Program Studi Agrbisnis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hasriani Hasriani Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/agm.v2i1.6839

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tambah yang dihasilkan dari produk terasi udang pada agroindustri Passiana’ di Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan penentuan responden melalui purposive (sengaja). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dengan pemilik agroindustri dan dokumentasi pada lokasi penelitian. Analsis data yang digunakan yaitu analisis pendapatan dan nilai tambah metode Hayami. Hasil penelitian menunjukkan nilai tambah dari agroindustri terasi udang Passiana’ yaitu sebesar Rp. 16.729,75,- dengan rasio nilai tambah 24,77 persen. Sementara itu, keuntunganya yaitu sebesar Rp. 11.729,76,- dengan tingkat keuntungan 70,11 persen. 

Author Biography

  • Hasriani Hasriani, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Makassar
    Program Studi Agribisnis - Fakultas Pertanian - Universitas Muhammadiyah Makassar

References

Budhisatyarini, T. 2008. Seminar Nasional Dinamika Pembangunan Pertanian Dan Pedesaan : Tantangan dan Peluang Bagi Peningkatan Kesejahteraan Petani; Nilai Tambah Diversifikasi Hasil Usahatani Bawang Merah Menjadi Bawang Goreng. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Departemen Pertanian : Bogor.

Hayami, Y et al. 1987. Agricultural Marketing and Processing in Upland Java, A Prespective from Sinda Village. Coarse Grains Pulses Roots and Tuber Center (CGPRTC). Bogor. 75 hal.

Isnaini, Santi. (2010). Implementasi komunikasi pemasaran terpadu sebagai penyampai pesan promosi usaha kecil menengah (ukm) di Indonesia. Jurnal masyarakat dan kebudayaan politik. Volume 22, Nomor 4: 324- 332.

Mahmud M. Hanafi 2010. Economic. Ninth Edition. Harper And Row Publisher. New York.

MARS. 2015. Wanginya Bisnis Terasi di Indonesia. Diakses tanggal 10 Januari 2016

Soekartawi. 2008. Analisis Usahatani. Universitas Indonesian Press. Jakarta.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.

Downloads

Published

2022-01-25